BIKIN PASPOR YUK !

4:49 PM Winda Provita 10 Comments

Sob.. Sob.. gue akhirnya punya paspor nih sob !!!

Keren kan sob ?? 

Mantap kan sob??

Pada iri kan lo sob??? 

MWAHAHAHAHA *PLAK*

Norak senorak-noraknya ya gue ini sob :D Wuhuu~

Mumpung masih fresh ni sob.. Gue mau share ke lo lo semua cara bikin paspor.. Ya sape tau aja ya kan lu belum punya paspor atau malah berencana pengen bikin.. kebetulan kan :D 

Eh sob tapi lo semua dah pada tau kan paspor itu apa? Hihihihi.. Gue juga gak tau sih kalo pengertiannya yang bener, tapi kalo menurut gue ya sob, paspor itu tanda pengenal selama lo di luar negri sob, jadi kalo lo lagi di indo ya tanda pengenal yang lo pake kan KTP tu sob nah kalo di luar negri ya lo pakenya paspor sob. Soalnya ktp lu gak laku sob kalo di luar negri jadi jangan ngotot pake ktp buat ke luar negri ya sob =))
Biasanya paspor ini diterbitin negara asal kita sob. Kalo di Indonesia ya yang nerbitin nantinya kantor imigrasi gitu sob.

Nah untuk cara bikinnya sih gampang sob gampang banget malah.. Langsung cekidot aja ya sob.. Cusss ~

Sebelum lo ke kantor imigrasi nih ya, pastiin dulu kalo lo itu punya Kartu Keluarga (KK) dan  KTP sob. Nah kalo udah punya, lo pastiin lagi deh, nama lo di KTP sama di KK dah sama atau belum, kan ada tuh sob yang biasanya namanya salah huruf atau begimane tuh, nah kalo seumpama nama lo di KTP beda sama yg di KK, lo urus dulu gih ke kelurahan sob. Masalah caranya langsung lo tanya ke kelurahan aja gin ya soalnya gue bukan petugas kelurahan ya kan. Pfftt...

Nah gimana? Udah semua?

Kalo udah, lo tinggal nyiapin deh surat-surat lainnya, kalo lo mahasiswa ya kartu mahasiswa plus surat rekomendasi dari kampus lo, tapi kalo lo udah kerja ya surat rekomendasi dari tempat kerja lo sob. Surat rekomendasi disini sih lebih kayak surat keterangan. Jadi ya keterangan kalo lo bener mahasiswa atau beneran kerja gitu sob.

Surat selanjutnya sih opsional sob, jadi lo bisa pilih salah satunya aja sob. Pilihannya sih bisa Akte kelahiran / Ijasah terakhir lo sob, eh tapi kalo lo udah nikah bisa juga bawa surat nikah sob. 

Inget namanya harus sama loh sob, soalnya nama itu kelihatan sepele tapi fatal nantinya.. oke sob ?

Nah kalo udah, lo kumpulin semua deh jadi satu. Trus itu lo ke kantor imigrasi di kota lo sob, tiap kota ada kantor imigrasinya kok, jadi ya lo tinggal cari aja. Gampangnya sih cari alamatnya di google dulu biar gak muter-muter jatohnya.

Gimana sob? Udah nemu kantor imigrasinya?

Kalo udah sampe di kantor imigrasi lo tanya deh koperasinya dimana, tar lo potokopi deh surat-surat lo disitu plus lo beli amplop kuning, materai 6000, sampul buat paspor lo plus surat pernyataan. Murah kok sob, amplop kuning+sampul paspor cm Rp. 10.000 trus materai 6000nya Rp. 7.000an sob, surat pernyataannya juga cuma gopek, nah kalo materai ini beli di luar juga gpp sob, sapa tau lebih murah ya kan. Sapa tao lo perhitungan kan, sapa tao seribu tu berharga banget buat lo ya kan :))) Pffttt....

Eh tapi kalo lo uda punya potokopian KK dan surat-surat lainnya sih ya gpp pake itu aja gak usah potokopi lagi sob. Lo potokopi KTP lo aja sob di koperasinya, soalnya biasanya pihak imigrasi minta potokopi KTPnya diperbesar gitu sob.

Urusan potokopi beres lo tinggal cus ke dalem kantornya deh, bilang aja mau masukin berkas tar lo bakal dikasi formulir, isi lengkap deh tu formulir sesuai KTP lo, kalo udah, lo isi sekalian surat pernyataan yang udah lo beli di koperasi tadi. Nah abis itu balik ke petugas tadi yang ngasi formulir trus minta no antrian deh, kalo udah dipanggil ya tinggal kumpulin berkasnya, eh tapi jangan lupa surat-surat yang asli dibawa, soalnya biasanya petugas imigrasi ngecek yang aslinya. Kalo udah nanti lo bakal dikasi kertas yang isinya tanggal untuk lo balik lagi ke kantor imigrasi buat bayar paspor plus poto.
 
Udah deh gitu aja hari pertama~ Gampang kan?

Jadi gimana? Masih berencana mau pake CALO ? Hihihihii..

Oiya sob, nanti pas lo balik lagi ke kantor imigrasi buat poto, jangan siang-siang sob, Antri...

Tar kalo dah di kantor imigrasi bilang aja mau bayar paspor, tar lo tinggal ambil no antrian, duduk manis, kalo dipanggil, bediri, ke loket, bayar Rp. 255.000, balik duduk, tar dipanggil lagi, poto+sidik jari, balik duduk lagi, dipanggil lagi, wawancara, trus udah deh, tar pas wawancara lo bakal dikasi tau kapan paspor lo jadinya. Mwahahaha ~

Habis itu ngapain lagi? 

Ya lo tinggal ke kantor imigrasi aja lagi buat ambil paspor lo yang udah jadi.

Nah trus apa lagi? 

LAGi? Lu beneran pengen LAGi nih sob?

Yauda sih kalo lo pengen LAGi nih ya.. Lo ambil paspor lo yang udah jadi, trus itu lo cium deh paspor lo, nah abis itu lo BAKAR deh tu paspor :)))) MWAHAHAHAHA ~ Lo jadi bisa bikin paspor L-A-G-i ya kan :)))))) Pfftt..

Udeh ah ~ Gitu doank kok.. Jadi buruan buat gih..

Jangan cuma mimpi aja pengen keliling dunia tapi actionnya gak ada :))) MALU.. MWAHAHAHAHA~

10 comments:

  1. Selamet ye udah jadi paspornya.
    tinggal tunggu cerita di luar negrinya aja lagi ni.
    btw, ni nyeritainnya lumayan kocak. whahahaha

    ReplyDelete
  2. cieeee yg punya paspor baru ;p so, negara pertama mw kemana nih?? Kalo boleh usul, vietnam. Ke halong bay nya, kereeennn ^o^ murah lg. Negeri jiran mah da basi..

    ReplyDelete
  3. Waah.. selamat nih yg udah baru bikin pasport... d tunggu nih crtanya nge-trip di LN... eheheee....
    Salam Ransel...

    ReplyDelete
  4. paspor ini penting banget, meskipun kita blm ada rencana keluar negeri tapi kalo dah punya paspor biasa nya semesta mendukung, ada aja jalan untuk bisa jalan ke LN hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe pastinya kak. kalo udah ada paspor udah bisa pede :D jadi kalo ada tiket promo ke LN bisa langsung dilibas :D

      Delete
  5. Aaaakk. Keren deh. Doain saya nyusul ya. Mau bikin paspor juga ni ma temen se geng. Biar bisa bareng2 main ke LN *songong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ditunggu paspornya :D cepet bikin cepet main ke LN :D

      Delete