KABUPATEN KARANGANYAR: PILIHAN WISATA LENGKAP DAN MURAH

12:49 PM Winda Provita 14 Comments

“Libur telah tiba, tapi duit lagi gak ada itu rasanya nyut-nyutannya sampe ke dada. Kepikiran ngabisin waktu liburan di kosan sambil garuk-garuk tembok juga ogah. Jadi ya baca postingan ini aja ya.”
Kebun Teh Kemuning
Selama 3 tahun tinggal di Solo ngebuat gue cukup hapal dengan kota ini. Bisa dibilang, Solo kota yang komplit wisatanya. Wisata belanja ada, wisata budaya juga ada. Sebenernya gak sulit untuk ngabisin liburan di kota ini, tapi karena nasib mahasiswa yang isi kantongnya gak segede isi kantong dosennya, gue pun cukup kelimpungan mutusin untuk ngabisin hari libur gue. Mau wisata belanja? Ada Pusat Grosir Solo dan Pasar Klewer. Mau wisata budaya juga bisa ke Keraton Kasunanan, tapi sayangnya bukan itu yang gue pengenin saat ini. Gue pengen sesuatu yang beda! Setelah mikir dan nyocokin duit yang gue punya, gue pun mutusin untuk keluar dari kota Solo dan beranjak ke Kabupaten Karanganyar.
Nah, apa itu Kabupaten Karanganyar, dimana letaknya dan apa aja yang ada disana? Udah mulai kepo kan lo. Hahaha.
Candi Sukuh
Kabupaten Karanganyar ini kabupaten yang terletak di sebelah timur kota Solo, kurang lebih 40Km dari kota Solo, ini sih gue comot dari wikipedia, jadi jangan lu kira gue ngukur jaraknya pake meteran yak, gak mungkin.
Ada 2 kawasan wisata yang terkenal di kabupaten ini, kawasan wisata yang pertama ada di Kecamatan Tawangmangu, kawasan wisata yang kedua ada di Kecamatan Ngargoyoso, dan objek wisata di Ngargoyoso inilah yang bakal gua bahas kali ini.
Objek wisata di kecamatan Ngargoyoso ini ada banyak. Ada Candi Cetho, Candi Sukuh, Air Terjun Jumog, Air Terjun Parang Ijo, Kebun Teh Kemuning dan semuanya itu deketan banget, cuma selemparan kolor jaraknya, itu juga kalo lo ngelempar kolornya buto ijo. Hahaha.

Gimana akses transportasi kesana? Tanya lo mulai gerah. 
Gampang, lo bisa pake sepeda motor kayak gue, atau kalo lo lebih kaya dari gue ya bisa naik mobil, tapi kalo lo mau ngeteng pake transportasi umum juga bisa, cuma yang terakhir ini gak gue saranin ya, soalnya gue sendiri belum coba. Hahaha. 

Naik motor / mobil 

Jalur menuju kawasan wisata Ngargoyoso ini gampang gampang susah, gampangnya jalur cuma 1 jadi lo gak bakal nyasar kemana-kemana, susahnya namanya juga pegunungan ya jalanannya nanjak dan berkelok-kelok, jadi kalo lo mau kesana naik motor, gue saranin bawa motor yang kuat nanjak soalnya kemarin gue bawa si gembul, motor gue yang bokongnya udah gede dari sononya, terbukti kagak kuat nanjak pas gue mau ke Candi Cetho.

Oiya, lo tenang aja, jalanan ke lokasi wisatanya mulus kok, walaupun gak semulus paha cerrybell, jalanan berlubang gak gitu banyak bahkan bisa di bilang jarang, bukti kalo Kabupaten Karanganyar ini sadar wisata. TOP dah!

Jarak tempuh ke lokasi wisatanya juga cuma bentaran, sekitar 1,5-2 Jam dari Solo tergantung kecepatan lo berkendara, kalo lo pembalap ya kalo bisa jangan kebut-kebutan di jalan, kan mau wisata bukan mau lomba balap, jaga keselamatan pengendara lain juga. Hahahaha ini apa deh.

Ngeteng naik transportasi umum 

Berdasarkan pengamatan gue selama perjalanan kemarin, kalian bisa naik transportasi umum untuk ke kawasan wisata Ngargoyoso. Caranya? Gampang. Dari Solo kalian bisa ke Terminal Tirtonadi, naik bis jurusan ke Tawangmangu, trus turun di Terminal Karangpandan. Dari terminal Karangpandan ini ada bis kecil untuk menuju terminal Ngargoyoso. Nah, dari terminal Ngargoyoso ini ada beberapa kang ojek yang bisa kalian sewa untuk nganterin kalian ke tiap lokasi wisata. Tarif bis dan ojeknya gue gak tau berapa, yang pasti gue gak saranin kalian ngeteng pake transportasi umum. Mending cari penyewaan motor di Solo, lebih hemat kalo gue itung-itung. Cuma tinggal isi bensin 3 liter, kelar deh puas jalan-jalan.
O..oke, trus lo kemarin kemana aja? Tanya lo udah kayak bapak ibu gue.
Sebenernya gue pengen ke semua objeknya, cuma karena motor gak kuat nanjak ke Candi Cetho jadi gue gak kesana. Gue juga gak sempet ke Air Terjun Jumog soalnya perut gue udah laper, jadi buru-buru pulang ke Solo, buat makan. Hahahahaa. 

Kebun Teh Kemuning 

Enjoy the view
Diantara objek wisata yang lain, Kebun Teh ini adalah favourite gue, cuma perlu bayar Rp. 1000 perak gue bisa nongkrong lucu dengan pemandangan yang kece parah. Sepanjang mata memandang, hamparan hijau daun teh bener-bener bikin adem pikiran. Yang lagi jenuh sama kerjaan, yang udah cape jomblo bertahun-tahun, boleh banget kalian semua kesini. Banyak spot yang bisa bikin waktu kerasa berhenti, tenang, ademnya suasana pegunungan, aaahhh surga banget pokoknya. 

Air Terjun Parang Ijo 

Air Terjun Parang Ijo ini juga gak kalah kece, kalo dimana-dimana akses ke air terjun itu susah dan mesti naik turun tangga dan jalan jauh, Air Terjun ini bener-bener beda. Dari gerbang depan ke air terjunnya cuma bentar banget, sambil merem dan guling juga bakal sampe. Apalagi ditambah pas gue kesana, alunan lagu kangen band diiringi suara air terjun bikin suasana gak banget sebenernya. Hahahaha. Untung lagu kangen bandnya buru-buru di ganti lagu si rossa dan ungu, jadi suasana romantis dan galau kena banget. Hihihihi.

Selain air terjun, di kompleks wisata ini juga bisa main flying fox, tarifnya Rp. 10.000/orang tapi kemarin gue ditawari berdua Rp. 15.000. Disini juga ada kolam renangnya, tapi dangkal, buat anak-anak sepertinya, kalo mau berenang bayar Rp. 2.000 perak. Oiya kelupaan, tarif masuk Air Terjun Parang Ijo ini cuma Rp. 2.500, dan jam bukanya mulai jam 8 pagi dan itu setiap hari. ^^ 

Candi Sukuh

Halaman Depan Candi Sukuh
Setelah puas di Kebun Teh dan Air Terjun Parang Ijo, gue pun move ke Candi Sukuh.

Candi yang terletak di lereng kaki Gunung Lawu ini bener-bener beda dengan candi-candi lain di Pulau Jawa, designnya yang unik dengan beberapa relief dan ornament-ornament yang tidak biasa bener-bener terlihat mencolok dan membedakannya. Contohnya aja nih ya, gue nemu ornament tentang Lingga (alat kelamin pria) dan Yoni (alat kelamin wanita). Hehehehe.

Oiya kelupaaan lagi, tarif masuk Candi Sukuh ini cuma Rp. 3.000, dan jam bukanya mulai jam 07.00-17.00 setiap harinya. ^^


Hehehehe jadi gimana? Kabupaten Karanganyar kece kan? PASTINYA!
Nah, kalo lo mau ke Solo dan pengen nginep di kawasan wisata Ngargoyoso, lo bisa cari homestay dan penginapan disekitar Air Terjun Parang Ijo, kemarin gue lihat ada banyak homestay dan penginapan disana, tapi kalo gue saranin sih mending lo nginep di Solo. Lo bisa ngunjungin kawasan wisatanya pagi sampe sore, trus itu balik ke Solo lagi. Gak usah khawatir masalah penginapan dan hotel murah, di Solo ini ada banyak.
Yaudah, mumpung liburan masih panjang, ayo main ke Solo dan berkunjung ke Kabupaten Karanganyar. ^^

14 comments:

  1. ahhhhh...karanganyar...tiap lebaran pas mudik, pasti kita sekeluarga kesini ^o^..

    ReplyDelete
  2. Wege... Wege... bisa bikinin peta yang gak ribet dari Solo ke Karanganyar gak? Hahaha :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah buseett, jalanannya cuma 1 lu gak bakal nyasar, hayo mau ke karanganyar sama mas pacar ya :D cuiwit

      Delete
  3. Ahh, asyik kali yee, bisa kesana lagi.
    Emang bener yang dijabarin sama empunya backpacktor.com(Amin) ini tentang Kabupaten Karanganyar.

    ReplyDelete
  4. aku perna sampai ke candi cetho nya, trus duduk2 santai di kebun teh jenawi nya bener2 nikmat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampe sekarang aku belum pernah sampe ke Candi Cetho om. Gak kuat nanjak si Gembul (motorku)

      Delete
  5. pasti kece, , yang ngasPAL jalan'nya mas bos. Hahaha, terimakasih apresiasinya untk kab. Karanganyar khususnya kec. Ngargoyoso. Datang kembali ya

    ReplyDelete
  6. Wah... kapan2 bisa kesana nih. Makasih atas infonya.

    ReplyDelete
  7. Keren postingannya! Two thumbs up!

    ReplyDelete
  8. Jalan jalan ke Karanganyar memang menyenangkan ya, lebih menyenangkan lagi jika sewa mobil di solo , kita bisa ke tempat wisata manapun yang kita mau dan aman tentunya sehingga jalan jalan kita tambah seru

    ReplyDelete
  9. Dari solo ke Karanganyar berapa jam? kalo sewa motor per hari berapa
    maklum asli surabaya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1,5-2 jam :D kalo sewa motor 50rban sepertinya

      Delete