[SUGGESTED ITINERARY] BACKPACKING TO MALAYSIA AND SINGAPORE FOR NEWBIE

10:45 AM Winda Provita 35 Comments

Banyak orang mempertanyakan apa rahasia jalan-jalan ke luar negeri dengan biaya rendah. Jika saya boleh memberikan jawaban, rahasianya hanya satu, sering-seringlah membaca. Meskipun saya belum memiliki banyak pengalaman jalan-jalan ke luar negeri, saya memulai perjalanan saya dengan membaca. Saya membeli buku panduan tentang destinasi yang ingin saya tuju, membacanya, dan mencatat semua hal yang akan saya butuhkan nantinya. Saya pun mulai gemar blogwalking, berpindah dari satu blog ke blog lain, membaca setiap cerita perjalanan pejalan lain dan kembali mencatat semua hal yang terlihat “baru” bagi saya. Meskipun membaca mungkin terlihat sepele, tapi dari situlah saya menemukan rahasia yang selalu dipertanyakan banyak orang.

Now everyone can fly
Berbicara mengenai berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk jalan-jalan ke luar negeri maka jawabannya pun beda-beda. Seberapa besar biaya yang kalian butuhkan untuk jalan-jalan ke luar negeri sangat tergantung dengan seberapa banyak kebutuhan kalian. Jika kalian butuh tinggal di hotel mewah, makan di restoran ternama dan terbang dengan penerbangan kelas satu, maka kalian membutuhkan biaya yang lebih besar nantinya. Ingat, beda orang maka beda pula kebutuhannya, jika kebutuhan sudah beda maka biaya yang diperlukan pasti berbeda juga.


Kali ini saya akan berbagi mengenai rahasia jalan-jalan ke luar negeri, khususnya ke Singapura dan Malaysia. Saya akan mencoba memberikan gambaran berapa besar biaya yang saya butuhkan untuk mengunjungi kedua negara itu.

Jika kalian berkeinginan untuk jalan-jalan ke Singapura ataupun Malaysia dengan biaya rendah, kalian harus membiasakan diri kalian untuk membaca setiap cerita perjalanan mengenai kedua negara itu. Semakin banyak cerita yang kalian baca, semakin mudah kalian bisa merencanakan perjalanan kalian sendiri.

Rencana perjalanan adalah satu hal pasti yang kalian butuhkan sebelum kalian memulai sebuah perjalanan. Kalian tidak mungkin bisa membuat rencana perjalanan jika informasi yang kalian miliki sangatlah minim, karena itu membacalah dan perkayalah diri kalian dengan semua informasi yang terlihat “baru” bagi kalian.

Hal sepele yang bisa kalian temukan dengan membaca adalah kalian bisa tau bahwa kalian membutuhkan paspor untuk ke luar negeri. Jadi jika kalian berkeinginan untuk ke luar negeri tapi kalian belum memiliki paspor, segeralah membuatnya. “Paspor itu apa? Cara membuatnya bagaimana?” Silahkan baca disini untuk penjelasannya.

Hal lain yang bisa kalian temukan dengan membaca adalah kalian akan membutuhkan tiket promo untuk perjalanan kalian. Biasakan diri kalian untuk berkenalan dengan maskapai penerbangan yang sering melakukan promo. Biasanya maskapai penerbangan yang sering melakukan promo adalah @AirasiaID dan @Tigerairmandala. Mulailah follow akun twitter resmi maskapai penerbangan tersebut, itu akan membantu kalian mendapatkan informasi mengenai promo terbaru mereka. Jika kalian beruntung, kalian bisa mendapatkan tiket pulang pergi ke Kuala Lumpur atau Singapura tidak lebih dari Rp. 300.000. Satu lagi, kalian juga bisa follow @KartuPos, @KartuPos sangat rajin memberikan informasi apapun tentang promo yang berkaitan dengan dunia traveling.

Jika kalian sudah memiliki paspor dan tiket di tangan, kini saatnya kalian untuk mempersiapkan perjalanan kalian dengan matang. Biasanya saya mempersiapkan perjalanan saya beberapa bulan sebelumnya, tergantung tiket promo yang saya dapatkan. Selang waktu yang ada biasanya saya gunakan untuk menabung. Ingat, serendah apapun biaya yang kalian perkirakan, jangan biasakan diri kalian mencari uang saku dengan waktu yang mepet. Hindarilah mencari hutangan dan biasakan diri kalian menabung sedini mungkin. Oke?

Rencana perjalanan yang akan saya bagi disini hanya sebagai gambaran untuk kalian. Berapa besar biaya yang dibutuhkan dan kemana saja saya nantinya bisa kalian modifikasi sesuai keinginan kalian. Rencana perjalanan dua negara, Malaysia dan Singapura ini berdasarkan pengalaman saya Mei tahun lalu. Tenang, semua biaya akan saya sesuaikan dengan waktu sekarang.

Sebelum saya mulai, mari kita umpamakan tiket yang kalian miliki adalah tiket pulang pergi dengan tujuan Kuala Lumpur. Tiket yang kalian miliki adalah tiket Airasia, tiket pergi dengan penerbangan pagi dan pulang dengan penerbangan sore hari.

Saya mengusulkan kalian mengambil penerbangan pagi, agar kalian bisa memiliki waktu yang banyak untuk jalan-jalan di Kuala Lumpur. Perlu kalian ketahui, Kuala Lumpur memiliki 2 bandara Internasional, KLIA (Kuala Lumpur International Airport) dan LCCT (Low Cost Carrier Terminal), dan  semua penerbangan AirAsia akan mendarat dan terbang melalui LCCT. (Mulai 9 Mei 2014, semua penerbangan AirAsia dipindahkan ke KLIA 2)

Sesampainya kalian di LCCT, carilah bus untuk menuju KL Sentral. Ada banyak bus yang tersedia dengan range harga RM 8 – RM 10, pilihlah salah satunya. Perjalanan dari LCCT ke KL Sentral kurang lebih satu jam, kalian bisa memanfaatkannya untuk tidur.

Karena ini adalah rencana perjalanan saya, maka semua tempat yang akan saya kunjungi di hari pertama ini adalah tempat-tempat yang memang menarik perhatian saya. Apa sajakah itu?

1.    Batu Caves

Kuil di Batu Caves
Batu Caves adalah tempat pertama yang saya datangi kala itu. Batu Caves adalah salah satu kawasan wisata gratis yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Kuala Lumpur. Kuil yang terletak di dalam Gua Batu dengan ratusan anak tangganya serta patung Dewa Murugan dengan tinggi 140 kaki adalah satu dari sekian banyak hal yang akan mempesonamu dan membawamu seakan berada di India dalam sekejap. Kunjungilah Batu Caves setibanya kamu di KL Sentral. Naiklah Komuter dengan jurusan Batu Caves, biayanya hanya RM 1 saja.

Batu Caves
2.    Petaling Street

Petaling Street
Seusai berpanas-panas di Batu Caves, kembalilah ke KL Sentral dengan naik Komuter, biayanya sedikit lebih mahal yaitu RM 2. Sesampainya di KL Sentral, kalian bisa berpindah transportasi, naiklah LRT dengan tujuan Pasar Seni, tarifnya RM 1.

Ada apa saja di Pasar Seni?

Kasturi Walk
Di kawasan pasar seni ini kalian bisa berbelanja sepuasnya, ada Central Market, Kasturi Walk dan Petaling Street (Chinatown-nya Kuala Lumpur). Sebelum berbelanja ada baiknya kalian mengisi energi terlebih dahulu, ada satu kedai masakan India di Kasturi Walk yang bisa kalian datangi. Semua harga makanan disini terjangkau, gak lebih dari RM 5 kalian bisa makan kenyang disini.

Central Market
Petaling street adalah tempat yang tepat bagi kalian untuk berbelanja oleh-oleh, ada satu lapak di Petaling Street yang sangat saya rekomendasikan untuk kalian, lapak ini berada tidak jauh dari Reggae Hostel. Lapak yang dimiliki oleh 2 orang ibu-ibu yang berasal dari Jawa ini memberikan harga yang lebih murah dari lapak lainnya, bahkan tidak jarang mereka memberikan potongan harga. Cermati baik-baik wajah ibu di foto di bawah ini, temukan beliau dan berbelanjalah di lapaknya. Oiya, bahkan kamu bisa menitipkan tas kamu di lapaknya, tapi tetep barang berharga dibawa ya.

Jangan lupa belanja disini ya
3.    Petronas Twin Towers

Puas berbelanja dan berkeliling di kawasan Pasar Seni, sekarang saatnya kalian mengunjungi landmarks dari Kuala Lumpur, apa lagi kalo bukan Petronas Twin Towers. Dari Pasar Seni, kalian tinggal naik LRT ke KLCC, tarifnya RM 1,6. Setibanya di KLCC silahkan tanya-tanya orang sekitar dimana letak Petronas Twin Towers. Hehehehehee.
Sore di Petronas
Habiskan waktu disini hingga malam menjelang. Petronas Twin Towers makin epic waktu malam, biasanya matahari tenggelam sekitar jam setengah 8 malam, jadi santai aja duduk-duduk disana menunggu malam.
Malam di Petronas
Kelar dengan Petronas Twin Towers, kalian tinggal balik ke KL Sentral dengan LRT, tarifnya RM 1,6. Di KL Sentral ini kalian bisa mengisi perut di food court yang ada di lantai 3, gak lebih dari RM 5 kalian bisa makan kenyang disini.

Dari KL Sentral ini nantinya kalian akan melanjutkan perjalanan dengan kereta malam Senandung Sutera ke Singapura. Tiket kereta ada baiknya kalian beli online sebelum keberangkatan, kalian bisa mengakses website resmi KTMB disini. Kalian bisa memilih Class Sleeper hanya dengan RM 40 untuk tempat tidur di atas dan RM 46 untuk tempat tidur di bawah. Namun jika ingin lebih berhemat, kalian bisa memilih Second Class, tempat duduk biasa dengan RM 34.

Gerbong Class Sleeper
Hari pertama telah berakhir ini adalah rincian biaya yang kalian keluarkan di luar oleh-oleh ya.


Pemberhentian terakhir kereta Senandung Sutera adalah Woodlands Checkpoint Singapore. Nantinya kalian akan sampai di Singapura sekitar jam 7 pagi. Dari stasiun kalian bisa keluar dan mencari bus No. 160 dengan jurusan Kranji Station. Ingat, siapkan uang pas untuk naik bus, karena semua bus di Singapura tidak memberikan kembalian uang.

Untuk informasi mengenai tempat-tempat yang bisa kalian kunjungi di Singapura dengan gratis, kalian bisa cek disini, saya sudah pernah menuliskannya. Untuk perkiraan biayanya kalian bisa melihatnya melalui gothere.sg. Gothere.sg adalah situs yang berisi panduan untuk keliling Singapura, dari naik apa, berapa lama hingga besaran biaya yang diperlukan, dijelaskan disana.

Sebelum melanjutkan perjalanan dengan MRT, kalian bisa menggunakan toilet yang ada di Kranji Station untuk cuci muka dan berganti pakaian. Kalian bisa sarapan di kedai makanan yang ada disana. Nasi Hainan bisa kalian dapatkan dengan harga 2 SGD.

Tempat pertama yang bisa kalian kunjungi di Singapura adalah Sentosa Island.

1.    Sentosa Island

Dari Kranji Station, kalian bisa naik MRT dengan jurusan HarbourFront Station, tarifnya hanya 2,4 SGD. Sesampainya di HarbourFront Station silahkan mengikuti petunjuk arah pemberhentian bus RWS8. Menggunakan bus RWS8 lebih murah dibandingkan naik Monorail Sentosa Express.

Habiskan waktu di Sentosa Island sambil menunggu jam untuk check in di hostel.

Rata-rata hostel di Singapura menawarkan tarif termurahnya di 20 SGD, tapi jika saya boleh mengusulkan kalian bisa menginap di City Backpackers Hostel selama di Singapura, kalian bisa membaca review-an mengenai hostel tersebut disini.

Setelah check in kalian bisa beristirahat di hostel, membersihkan diri terlebih dahulu sebelum kembali jalan-jalan. Jangan lupa, untuk mengisi persediaan air minum kalian di hostel, itulah mengapa ada baiknya kalian membawa botol minum dari rumah.

2.    Merlion Park


City Backpackers Hostel terletak di Hongkong Street dan Stasiun MRT terdekat adalah Clarke Quay Station. Dari Clarke Quay Station, kalian bisa naik MRT dengan jurusan Raffles Place Station untuk sampai ke Merlion Park.

3.    Gardens by the Bay
Gardens by the Bay
Dari Raffles Place Station, kalian bisa melanjutkan ke Gardens by the Bay, kalian hanya perlu naik MRT dengan tujuan Bayfront Station.

Eksis dulu
4.    Chinatown

Selain berbelanja oleh-oleh, kalian juga bisa makan malam di Chinatown. Ada banyak kedai disini, nasi Hainan bisa kalian dapatkan dengan harga 3 SGD. Untuk mencapai Chinatown kalian bisa naik MRT dengan tujuan Chinatown Station.

Tempat mana yang kalian kunjungi terlebih dahulu itu terserah kalian, kalian cek saja di gothere.sg untuk perkiraan biaya MRT yang kalian butuhkan nantinya. Berdasarkan pengalaman saya semua perjalanan itu tidak lebih dari 20 SGD.

Hari kedua telah berakhir ini adalah rincian biaya yang kalian keluarkan di luar oleh-oleh ya.



Di hari ketiga, kalian akan melakukan perjalanan ke Melaka. Saya sudah pernah menuliskan bagaimana cara ke Melaka dari Singapura disini, silahkan dibaca baik-baik ya. Jangan lupa untuk sarapan sebelum berangkat, kalo bisa bawa aja rotinya buat bekal di jalan. Lumayan buat makan siang nanti.

Dari Clarke Quay Station, silahkan naik MRT dengan tujuan Kranji Station. Dari Kranji nanti silahkan mengikuti petunjuk yang sudah pernah saya tulis disini.

Sesampainya di Melaka, kalian bisa mencari hostel di sekitar chinatown, rate hostel di Melaka ini berkisar dari RM 15 – RM 20. Discovery Guesthouse yang dulu pernah saya inapi, memasang harga RM 15 untuk dormitory tanpa AC dan RM 17 untuk dormitory dengan AC. Sayangnya, sekarang hostel tersebut tidak lagi memberikan free breakfast, jadi ada baiknya kalian mencari hostel lain.

Melaka di malam hari
Melaka adalah kota kecil yang bisa kalian explore dengan berjalan kaki. Manfaatkan waktu kalian sebaik mungkin disini, kalian akan merindukan atmosphere di kota ini nantinya. Jangan lupa datang ke kota ini saat weekend, karena kamu bisa menemukan pasar malam sepanjang Jonker Street. Untuk makan malam kalian bisa makan di kedai yang ada di belakang Muzium Samudera. Tidak lebih dari RM 5 kalian bisa makan kenyang disini.
Makan disini ya
Hari ketiga telah berakhir ini adalah rincian biaya yang kalian keluarkan.



Hari kepulangan telah tiba, bangunlah lebih awal kali ini.

Kalian bisa naik Bus Panorama No. 17 untuk sampai di Melaka Sentral, tarifnya adalah RM 2. Sesampainya di Melaka Sentral silahkan mencari loket bus antar kota, dari Melaka Sentral ke TBS (Terminal Bersepadu Selatan) Kuala Lumpur, kurang lebih memakan waktu 2 jam. Tarif Bus Mayang Sari dari Melaka Sentral ke Kuala Lumpur adalah RM 10.

Setibanya di TBS, kalian tinggal naik komuter dengan tujuan KL Sentral dengan tarif RM 1. Sebelum beranjak ke LCCT, ada baiknya kalian mengisi perut di food court yang ada di lantai 3.

Dari KL Sentral silahkan melanjutkan perjalanan ke LCCT dengan Bus, tarifnya masih sama, berkisar antara RM 8 – RM 10.

Sesampainya di LCCT, silahkan check in dan sayonara. ^^

Hari keempat telah berakhir ini adalah rincian biaya yang kalian keluarkan.



Adapun rincian total semua pengeluaran selama 4 hari 3 malam ini adalah sbb:



See, gak lebih dari sejuta kalian bisa jalan-jalan selama 4 hari 3 malam di Malaysia dan Singapura. Bahkan kalian bisa mengunjungi 2 kota berbeda di Malaysia; Kuala Lumpur dan Melaka sekaligus. Ini hanya perkiraan yang saya buat untuk memberikan kalian gambaran bahwa setiap kita bisa jalan-jalan ke luar negeri dengan biaya rendah. Menabunglah dari sekarang dan berdoalah siapa tau nilai tukar rupiah bisa sebagus dulu, Mei tahun lalu saya sempat merasakan 1 SGD hanya 7.800 IDR. Hihihihihi.

Ingat, ini hanya perkiraan. Kalian bisa memodifikasinya sesuai dengan keinginan kalian dan uang saku yang ada. Jalan-jalanlah segera, jangan habiskan masa mudamu dengan diam di rumah. Oke sayang?

35 comments:

  1. Itu yg merlion keterangane gak nyambung win

    Betewe bagus ni tulisan keren keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya lupa nambahin :s makasih udah di ingetin :S

      Delete
  2. mantap itinerarynya saya lagi kebingungan nih antara dari melaka ke penang apa johor baru :( berarti di satu kota ga bisa lama2 ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah ke johor bahru, paling ke johor cm mampir di terminal larkin aja, btw kalo mau ke Penang naik kereta aja murah banget dibanding bis

      Delete
  3. wih, keren lengkap banget itinerary nya..
    saya agak kesulitan kalo disuruh menghitung ulang biaya perjalanan. maklum termasuk tipe orang yg boros ;P


    Regards
    http://travellingaddict.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan selalu pake duit mepet jadi setiap uang keluar selalu dicatet hhehehehe makanya gampang ngitung :p

      Delete
  4. Halo...salam kenal sy Elyant di Makasar
    Sy browsing itinerary bwt di KL,krn planning ksana bulan mei 2014 kalo saran nginep di KL bagusnya dmn yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Backpacker or family mas? Backpacker tropical garden 2 kasur AC free wifi di tingkat tong shin

      Delete
  5. Artikel super terlengkap,jelas,detail yang pernah saya baca.

    Paspor udah jadi, tinggal cari waktu yang tepat sesuaikan dengan jadwal libur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo akbar segera menjelajah negara tetangga :D

      Delete
  6. HI,
    Keren yaaa
    Mampir juga yuk http://gebrokenruit.blogspot.com/2014/04/bermimpilah-untuk-menjadikannya.html
    Terima kasih ;)

    ReplyDelete
  7. tropical garden? boleh minta kontak nya? Thanks

    ReplyDelete
  8. aaahh kerenn niih lengkap informasi nyaa :D makassiihh yaaa

    ReplyDelete
  9. Katanya sekarang dari Singapore Flyer bisa naik.bis ke Legoland yach? Ada review brp biayanya? Btw maskapai kesayakangan backpacker sedang dirundung masalah nih, hiks hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh saya nggak tahu. Belum pernah coba. Lagian nggak minat coba soalnya pasti jadi lebih mahal karena pakai SGD bayar bisnya :D

      Delete
  10. hotel yang murah di mana yah? Buat sama pacar boleh? Berapa harganya? Rencana bulan 12 kesana...

    . makasih yah backpacktor. Bagus banget ni..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya nggak pernah nginep di hotel :') kalau hostel ada, coba cek tab review ya. Saya beberapa kali review hostel disana

      Delete
  11. hallo mba slm kenal..tny dunx bukanya kl kita smp negara orang ketika lapor imigrasi kn kita harus mencamtumkan alamat yg kita tuju?nah kl kita ga tulis apa bis mba??atau itu modelnya trasit sj?
    anyway...infonya keren bgt backpacker bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, untuk alamat tinggal lihat nama beberapa hostel aja. Biasanya cm ditanya bakal nginep dimana, tinggal sebut satu. Selesai.

      Delete
  12. Nice post! Memang cara berlibur ke luar negeri dengan cara backpacker hemat bgt. Sy baru kemarin backpacker ke Singapura dan Malaysia ga habis lebih dari Rp 700.000 hehehe bisa dibaca di blog saya ceritanya http://www.irhamfaridh.com/2015/05/backpacking-around-singapore-and-kuala.html :D

    ReplyDelete
  13. berarrti ini KL-SG-malacca-KL yaa ?
    kalau KL-malacca-SG , ribet ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ribet malah searah. Cuma kemarin saya dapet tiket pulang memang dari KL jadi harus balik ke KL lagi. Lagian tiket balik kalo dari Singapore agak mahal :D

      Delete
  14. Penjelasannya rinci sekali..
    ohya..mau tanya..
    mengenai city tour KL..
    saya punya 1 hari utk eksplor KL..
    karena 2 hari sebelumnya sudah saya gunakan utk sehari di genting dan 1 hari batu caves - melaka(stay 1 hari) baru bisa KL di hari ke3..dan keesokan harinya pulang..
    Tempat yg ingin dikunjungi petronas (momen siang/pagi dan malam)..Pasar seni dan sekitarnya..bbelanja oleh2 makanan di pasar chow kit (karena sy dpt info dr blog kalau disini plg murah..hehe) ..lalu makan malam di alor..setelah ke petronas lg utk ambil gambar saat malam..

    Nah..kkira2 rutenya enak bagaimana ya?
    Lalu utk transportasi bgmn..
    kalau boleh..minta jelaskan kalau pakai bus go kl yg free gmn..dan kalau tidak dgn go KL bgmn.. (ttakut2 tunggu free bus nya lama..soalnya kan mesti kejar waktu..hehe..

    Mohon bantuannya ya..
    thx before :)

    ReplyDelete
  15. Penjelasannya rinci sekali..
    ohya..mau tanya..
    mengenai city tour KL..
    saya punya 1 hari utk eksplor KL..
    karena 2 hari sebelumnya sudah saya gunakan utk sehari di genting dan 1 hari batu caves - melaka(stay 1 hari) baru bisa KL di hari ke3..dan keesokan harinya pulang..
    Tempat yg ingin dikunjungi petronas (momen siang/pagi dan malam)..Pasar seni dan sekitarnya..bbelanja oleh2 makanan di pasar chow kit (karena sy dpt info dr blog kalau disini plg murah..hehe) ..lalu makan malam di alor..setelah ke petronas lg utk ambil gambar saat malam..

    Nah..kkira2 rutenya enak bagaimana ya?
    Lalu utk transportasi bgmn..
    kalau boleh..minta jelaskan kalau pakai bus go kl yg free gmn..dan kalau tidak dgn go KL bgmn.. (ttakut2 tunggu free bus nya lama..soalnya kan mesti kejar waktu..hehe..

    Mohon bantuannya ya..
    thx before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo maaf baru balas.
      Saya nggak pernah naik Bus Go KL jadi gak bisa suggest untuk enaknya gimana. Kamu lihat peta rute Bus Go KL aja dan atur senyamannya kamu.
      Kalau memang mau ke Petronas pagi ya Petronas dulu aja terus ke Chow Kit, abis dari Chow Kit ke Pasar Seni terus ke Jl Alor, abis makan malam ke Petronas lagi.

      Delete
    2. Mau tnya klo dari Kajang Malaysia ke singapore naik kreta dari KL Central..?

      Delete
    3. Kalau kereta iya bisa naik dari KL Sentral

      Delete
  16. Salam kenal mbak. Sy mau ada tugas ke singapura-malaysia. Karena ga pernah kemana mana jadi agak bingung. Kira2 kalo beli oleh2 enaknya dimana ya? Karena diminta buat beliin oleh2 utk temen2 yg bejibun banyaknya. Sebelumnya makasih banyak mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malaysianya dimana? Kalau di Kuala Lumpur bisa beli di Central Market atau Petalling Street, kalau di Singapura bisa ke China Town atau ke Mustafa Center :D

      Delete
  17. wihh jadi pengen ke malaysia nih, terimakasih atas infonya ya.. oh iya Saya juga punya referensi lain nih tentang pariwisata di Indonesia yang tentunya menarik untuk disimak. http://pariwisata.gunadarma.ac.id/ barangkali bermanfaat. Thanks

    ReplyDelete
  18. Wah, irit banget ya jalan ke negeri jiran nih.. kok malah mahalan klo jalan dalam negeri ya.#sad boleh dicontek nih klo jalan lagi ke sana. Salam kenal mbak

    ReplyDelete
  19. Boleh minta ittinerary yg lngkap ga mbak. Soalny tgl 31 ni mau k KL juga. Y t4 yg wjb dknjngi n biar g bolak balik

    ReplyDelete
  20. Boleh minta ittinerary yg lngkap ga mbak. Soalny tgl 31 ni mau k KL juga. Y t4 yg wjb dknjngi n biar g bolak balik

    ReplyDelete