YANG GRATIS DI SINGAPURA

10:18 AM Winda Provita 18 Comments

Singapura dan Malaysia selalu menjadi negara pertama kebanyakan orang Indonesia ketika keluar negeri untuk pertama kalinya. Alasannya adalah kedua negara itu adalah negara yang paling dekat dengan Indonesia. Selain itu, untuk mengunjungi kedua negara itu pun tidak membutuhkan visa.
Masih seputar tentang Singapura, kali ini saya akan berbagi mengenai beberapa tempat yang wajib di kunjungi ketika berada di Singapura. Beberapa tempat yang identik dengan Singapura ini sering diartikan salah oleh kebanyakan orang yang belum pernah mengunjungi negara ini. Mereka berfikir tempat-tempat itu akan menghabiskan banyak uang. Kenyataannya? Semuanya FREE alias GRATIS!
Lalu tempat apa sajakah yang wajib dikunjungi saat berada di Singapura?
Merlion

2 Hari belom mandi tetep cute. HIH!
Merlion yang berasal dari kata Mermaid dan Lion merupakan icon negara Singapura. Icon yang identik dengan semburan airnya ini, sangat terkenal dikalangan pelancong yang mengunjungi Singapura. Siapa sih yang rela melewatkan moment untuk berfoto dan bergaya dengan background patung yang satu ini? Apalagi moment untuk pamerin foto itu di social media. Hihihihi. Belum ke Singapura jika belum berfoto dengan si Merlion. 
Patung Merlion ini berada di pinggir Singapore River. Selain berfoto bersama Merlion, kamu juga bisa mengambil beberapa foto dengan landmarks Singapura, seperti Esplanade, Singapore Flyer, dan Marina Bay Sands.
View dari Merlion
Menuju tempat ini pun sangat mudah, kamu tinggal naik MRT tujuan Raffles Place Station lalu keluar mengikuti Exit B kemudian tanya orang disana bagaimana cara ke Merlion. Hehehehe. Ribet soalnya kalo dijelasin disini.
Jalan menuju Merlion
Waktu terbaik untuk mengunjungi Merlion adalah saat sore menjelang malam hari. Kalian bisa mengambil dua moment berbeda, saat lampu-lampu belum dinyalakan dan sesudahnya. Tempat ini menjadi semakin menakjubkan ketika malam datang. Ketika gemerlap lampu menghiasi berbagai landmarks disini. Sayangnya saya belum memiliki kesempatan untuk mengunjungi tempat ini di malam hari.
Sentosa Island
Sentosa Island adalah tempat wajib kedua yang harus kamu kunjungi ketika berada di Singapura. Kenapa? Karena di Sentosa Island lah ada UNIVERSAL STUDIO. Kamu bisa berfoto di depan bola dunia bertuliskan UNIVERSAL ini dengan GRATIS!
3 Orang lain hanya ilusi belaka
Menuju Sentosa Island bisa dilakukan melalui Vivo City, kamu bisa naik MRT menuju HarbourFront untuk sampai ke Vivo City dan dari sini kamu bisa berjalan kaki, naik bus hingga naik Monorail Sentosa Express untuk sampai ke Sentosa Island.
Merlion di Sentosa
Dua cara yang pernah saya coba untuk menuju Sentosa Island adalah (1) Menggunakan Monorail Sentosa Express. Untuk menggunakan Sentosa Express, kamu bisa naik ke lantai 3 Vivo City dan mencari loket Sentosa Express, biaya yang saya keluarkan waktu Mei 2013 adalah 3,5 SGD, sepertinya harganya sudah naik sekarang. Cara ke (2) yang saya lakukan untuk sampai ke Sentosa Island adalah dengan naik bus RWS8, dengan biaya yang lebih murah yaitu, 2 SGD. Untuk menemukan bus ini, sekeluarnya kalian dari Station MRT kalian harus keluar mengikuti petunjuk yang mengarah ke tempat pemberhentian busnya. Jangan takut, sign-nya jelas kok. Oiya yang terakhir, apapun yang yang kalian pilih nanti, semuanya cuma bayar 1 kali. Biaya yang dikeluarkan adalah ongkos untuk pulang perginya. Hemat kan?
Gardens by the Bay
Abaikan ke-cute-an gue
Gardens by the Bay adalah icon pariwisata baru di Singapura. Gardens by the Bay merupakan taman buatan yang memiliki beraneka ragam jenis tanaman. Taman ini memiliki luas hingga 101 hektar dan terletak tepat di belakang Marina Bay Sands. Tidak semua atraksi yang ada di taman ini gratis, Flower Dome, Cloud Forest & OCBC Skyway adalah beberapa di antaranya. Meskipun demikian, kamu bisa berjalan-jalan di Bay South dengan gratis.
Yang membuat Gardens by the Bay wajib dikunjungi adalah dengan adanya Super Trees disana, saya dibuat serasa berada di dunia fairy tales didekatnya. Super Trees ini terletak di Supertree Grove di Bay South.
Super Trees on show
Menuju taman ini sangatlah mudah, naiklah MRT dengan tujuan Bayfront Station, dan keluarlah mengikuti Exit B. Setibanya di luar, bersiaplah memasuki dunia fairy tales, kamu akan menemukan danau dengan background Super Tree.
Super Trees on show
Berjalan-jalanlah di taman ini pada jam 7 sampai jam 8 malam. Kamu akan dibuat terpesona dengan pertunjukan yang dimulai pada jam 7.45 malam. Jangan lewatkan pertunjukannya, GRATIS!
Super Trees on show
Oiya, karena taman ini baru dibuka pada pertengahan tahun 2012, belum banyak orang yang mengetahui tentang keberadaannya. Jadi, siapkan dirimu sebelum memamerkan foto hasil jalan-jalan disini. Siapkan dirimu untuk menjawab semua pertanyaan temanmu yang akan dimulai dengan “Itu dimana? Bagus” Hihihii.
Chinatown
Ada banyak tempat untuk berbelanja oleh-oleh di Singapura. Namun sebagai backpacker yang harus me-manage keuangan, Chinatown adalah tempat favourite saya untuk berburu oleh-oleh. Barang-barang yang disediakan di Chinatown tergolong murah dibandingkan di tempat lain. Gantungan kunci dengan tulisan dan gambar Merlion bisa saya dapatkan dengan hanya 10 SGD untuk 36 buahnya. See, dengan mengeluarkan uang kurang dari seratus ribu rupiah saya bisa membagi gantungan kunci untuk seluruh teman sekelas saya di bangku kuliah. Sayangnya saya belum pernah mencobanya, belum pernah membagi oleh-oleh untuk mereka. Hehehehe. Selain gantungan kunci, kamu juga bisa membeli oleh-oleh berupa kaos bertuliskan Singapura, dengan hanya 10 SGD untuk 4 potong kaosnya. Murah bukan? Untuk kualitas kaosnya, ada harga ada rupa. Hihihihi. Baru-baru ini saya juga tertarik dengan tas bertuliskan Singapura, tas yang bisa di dapatkan dengan harga 10 SGD untuk 4 buahnya.
Menuju Chinatown pun tidaklah sulit, naiklah MRT dengan tujuan Chinatown lalu keluarlah mengikuti Exit A.
Sehabis jalan-jalan kamu bisa men-charge energi kamu dengan menikmati Nasi Hainan di beberapa kedai disana..
Hainan Chicken Rice

Hainan Chicken Rice with Lemon
Sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di Singapura. Yang saya jelaskan di atas hanya beberapa tempat yang sudah pernah saya kunjungi. Next time, jika saya mengunjungi tempat baru, maka saya akan meng-update tulisan ini dan menambah referensinya buat kamu.
Notes:
Yang bikin tulisan ini beneran gue, cuma gue lagi tobat aja dan belajar sopan, pake “saya” disini. Hihihihi. Berasa baca panduan wisata yak.

18 comments:

  1. Gardens by the Bay, baru tau kalo di singapur ada taman ini. gak pernah liat info ini soalnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa kesana bang kalo ke Singapore :D

      Delete
  2. Ngiler ama hainan chicken rice with lemon nya

    ReplyDelete
  3. Gardens by the Bay keren banget yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho.oh kayak di film Avatar tempatnya, kece parah :s

      Delete
  4. Replies
    1. sibuk belanja dan ngeliatin barang-barangnya jadi gak pernah ingat buat moto hahahahha padahal cuma liat doank ndak pernah beli

      Delete
  5. itu nasi hainannya gratis juga?

    ReplyDelete
  6. Belum pernah ke Singapura. Belum pernah selfie di patung Merlion. Baru sempat di kw-nya aja, cafe Singapura di Bontang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe temen-temen saya yang di Balikpapan juga sering banget selfie bareng merlion yang ada di Bontang :D

      Delete
  7. Thanks, buat review taman ini. Sukses menikmati Gardens by the bay secara gratis. Btw pas itu lg ada festival lampion jd buaguus banget pas malam. Sayang fotonya gag Ada gara2 gadget lowbat hikhikhik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asiknya. Beruntung banget pas ada festival lampion :o

      Delete
  8. kak mau nanya dong, budget kakak ke malay sama singapore berapaan kak? trus kalo dari singapore mau balik ke malaysia lagi kan naik kreta tuh.. dimananya? makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba baca tulisan saya yang suggested itinerary ya. Sudah saya jelaskan di sana

      Delete
  9. Seru banget baca tulisannya ..izin share ya...mksh

    ReplyDelete