HOW TO GET LOMBOK FROM BALI

1:52 PM Winda Provita 33 Comments

Bagian tersulit dari perjalanan gue dari Lombok ke Bali kemarin adalah mencari transportasi dari dan ke Padang Bai. Padang Bai sendiri adalah Pelabuhan Ferry di Bali yang biasanya digunakan untuk menyebrang ke Pelabuhan Lembar Lombok, begitupun sebaliknya. Sudah banyak cerita perjalanan yang gue baca, tapi gak ada satupun tulisan yang menjelaskan dengan transportasi apa mereka sampai di Padang Bai. Meskipun ada, informasi yang ada masih tampak abstract dan meragukan. Beberapa orang menulis bahwa ada angkutan umum untuk menuju ke Padang Bai, namun sangat jarang dan ribet karena harus beberapa kali berganti angkutan. Yang lain menulis, bahwa mereka menyewa mobil, naik taxi bahkan ojek dan tak jarang mereka menumpang truk untuk sampai di Padang Bai. Membaca semua itu jelas gue belum puas, hati kecil gue yakin bahwa ada transportasi lain yang lebih baik dan terjangkau, tapi apa? gue masih terus mencari.
Waktu terbaik untuk menyebrang ke Lombok maupun ke Bali adalah malam hari, atau lebih tepatnya sih tengah malam. Dengan estimasi waktu perjalanan 5 – 6 jam, bisa diperkirakan bahwa lo akan sampai di tujuan pada pagi hari. Dua hari sebelum keberangkatan gue ke Lombok-Bali, gue masih belum tau nantinya akan naik apa untuk menuju Kuta dari Padang Bai. Beruntungnya, salah satu blog favourite gue menuliskan cerita perjalanannya ke Lombok dan mencantumkan transportasi apa yang dia gunakan untuk menuju ke Padang Bai. “Ihiirr... Akhirnya ~ ” mata gue berbinar.
Tiket Ferry
Tepat tengah malam gue sudah sampai di Pelabuhan Lembar Lombok untuk menuju Bali. Awalnya gue bayangin kalo Pelabuhan Lembar itu gelap, serem, sepi, dan banyak calo. Tapi sesampainya disana, Pelabuhan Lembar gak seserem bayangan awal gue, ada banyak petugas dan polisi yang berjaga disana. Keberadaan calo yang paling gue tunggu-tunggu pun gak gue temuin. Entah karena saat itu gue di anter naik mobil dan langsung beli tiket di loket atau memang malam itu para calo sedang asik bobo bareng istrinya, ya entahlah tapi paling gak suasana Pelabuhan Lembar di tengah malam gak serem kok. Oiya, biaya untuk naik Ferry dari dan ke Bali / Lombok cuma Rp. 40.000 aja ya. Ferry disini juga ada setiap waktu jadi jangan takut kehabisan Ferry.
Ruang tunggu penumpang di Ferry
Si Blue blue duduk sendiri
Bagian yang paling gue suka dari perjalanan dari Lombok ke Bali dengan Ferry adalah gue bisa menghemat biaya menginap. Gue hanya perlu mencari tempat duduk lalu tidur. Itulah kenapa gue menyarankan kalian untuk melakukan perjalanan di malam hari, selain waktu perjalanan yang gak akan terasa karena selama perjalanan kalian tidur, kalian pun bisa berhemat nantinya. Oiya, di atas Ferry nantinya akan ada yang menyewakan kamar dan tempat tidur. Kamar yang dimaksud adalah kamar dengan beberapa bunk bed di dalamnya. Kalo kalian punya uang lebih dan ingin tidur nyaman, kalian bisa menyewanya, tapi kalo kalian gak punya uang lebih kayak gue waktu itu, ya tidur di ruang tunggu penumpang pun bisa nyaman kok. Jadi gini, tempat duduk di atas Ferry itu adalah tempat duduk panjang yang biasa memuat 3-4 orang, kalo lo naik Ferry duluan, nantinya lo bisa menguasai satu bangku panjang buat lo sendiri. Eits, tapi jangan langsung tidur di bangku sebelum Ferry berangkat ya karena nantinya ada petugas yang ngecek dan kalian akan dibangunin. Ada baiknya kalian menunggu Ferry berangkat dulu, selagi menunggu, tas yang kalian bawa kalian taruh aja di samping kalian. Pura-pura aja kalo ada orang lain selain kalian yang sudah menduduki tempat duduk itu. Hehehehe. Trust me, it works loh. Disaat yang lain tidur sambil duduk, dengan santainya gue merebahkan tubuh gue dan tidur nyenyak karena gak ada penumpang lain yang duduk di samping gue selain tas gue yang gue jadiin bantal pada akhirnya. Hehehehehe.
Kamar dan bunk bed di Ferry
Sesampainya di Padang Bai Bali waktu sudah menunjukan jam 5 pagi, sembari menunggu bus yang akan mengantar gue ke Kuta, gue pun duduk manis di Mushola.
“Bus? Bus apa ya?” Tanya lo serempak.
“Eh iya dari tadi belum gue bahas ya bus-nya”. Jawab gue sambil pake sempak.
Kios Perama di Padang Bai
Jadi gini, ada satu shuttle bus yang menyediakan rute dari dan ke Padang Bai. Shuttle bus ini melayani rute dari Kuta ke Padang Bai dan sebaliknya. Selain dari Kuta, ada banyak rute lainnya juga sih, kalian bisa mengecek pick up pointnya melalui website resmi mereka. Kayaknya sih Perama bus ini satu-satunya shuttle bus yang bisa diandelin, walaupun jadwalnya gak setiap waktu ada tapi harganya terjangkau kok, cuma Rp. 60.000 aja. 
Perama Shuttle Bus
Nah, kalo lo berencana menyebrang dari Bali ke Lombok. Lo bisa naik Perama Bus untuk sampai di Padang Bai. Pick up pointnya yang ada di Kuta terletak gak jauh dari Monumen Bom Bali, ada di kanan jalan. Sesampainya di Padang Bai, beli tiket, naik Ferry, bobo, dan taa daaaaa lo sudah sampai di Lombok. Hehehehe. Easy kan?

33 comments:

  1. Saya masih Rp. 30.500 padang bai - lembar, itu waktu tahun 2010.
    Saya suka duduk paling atas, tempatnya lowong dan bisa ngeliat bule2 cantik. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah hebat 2010 sudah ke Lombok. Saya 2010 baru pindah Solo untuk kuliah :D

      Delete
  2. wahhhh.... seruuuu yaaaa.... kapan2 pengen kesana.... btw di bengkulu ada daerah namnya Pulau Bai di lombok Padang Bai.... hihihi indonesia memang luar biasa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padang Bai bukan di Lombok mbak tapi di Bali hehehehe. Indonesia memang awesome, kalo ke Bali sempatin ke Lombok juga pasti gak nyesel :D

      Delete
  3. Ga kesampeian mulu k lombok win :p tp aku cm pgn kulineran kalo ksanaaaa ;) pantainya ga doyaaan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah sayang banget kalo cuma kulineran mbak.
      Aku yg gak suka pantai aja jadi tergila-gila sama pantai dan pengen balik lagi ke Lombok segera, so you must visit and enjoy at least a beach mbak kalo ke Lombok

      Delete
    2. Belum pernah kesana kog sdh bilang gk doyan.
      Piye tho?

      Delete
  4. Mau tanya nih, kalo dari gilimanuk ke padang bai transportasi nya apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah, jadi belum tau
      Tapi sepertinya bisa membeli tiket di Banyuwangi untuk Shuttle bus yg dikelola KAI dari Ketapang. Nanti baru deh dilanjutkan dengan Perama Bus

      Delete
  5. yg gua masih bingung itu, transportasi umum ke padang bai dari badung bali itu pkek apa? gw bingung ni..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya juga nggak tau :D soalnya belum pernah nyoba dari Badung :D

      Delete
  6. minta saran dong om, juli rencana pengen ke lombok , dan gue udah ngantongin tiket lengkap dari jakarta ke banyuwangi via rel , nah sampai di banyuwangi. murah mana naik bus dari banyuywangi langsung ke lombok atau lanjut ngecer sampai lombok om ? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah ngeteng pake kereta api jadi belum bs kasih saran, maaf ya :(

      Delete
  7. Hai, mau tanya dong. Tiket shuttle Perama nya kamu beli begitu sampai di Padang Bai atau udah reservasi duluan? Masih simpan nomor telponnya ga? Thanks!

    ReplyDelete
  8. perama tour ini info dair blog lain katanya tidak mau mengangkut penumpang lokal? apakah benar ya..karena akhir taun ini ada rencana mengajak orang tua dari lombok ke bali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau paket yang nyebrang dari Lombok langsung ke Bali sepertinya memang nggak diterima. Tapi kalau kamu pakai jasa mereka cuma dari Padang Bai sepertinya bisa. Soalnya yang Lombok langsung ke Bali memang dikhususkan untuk foreigner sepertinya. Tapi untuk lebih jelasnya coba hubungi pihak mereka by phone or email

      Delete
  9. tumpang tanya.. ferry bali-lombok itu jadwal nya setiap jam kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya setiap jam ada, tapi saya kurang tahu pasti coba silahkan browsing lagi untuk pastinya

      Delete
  10. Terima kasih siapapun yang menulis ini, sangat membantu. Soalnya saya nanti 25 januari mau ke bali-lombok 😄

    ReplyDelete
  11. Thank u so much for this info. Its really help me. Btw,kalo ada info tentang kos di kuta yg murah,mhon infox alx minggu depan sya bakal ke kuta. Kisaran Rp 500.000/bln. kalo ad Wc dalamx. Bsa kirim d email sya di ijatul.khaer@gmail.com
    Again thanks b4 ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya nggak tahu kalau itu :D maaf ya

      Delete
  12. Kalau angkutan dari padangbai ke denpasar kalau untuk rame-rame sekitar 5-6 orang enaknya naik apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari elf aja tapi biasanya oper-oper dulu

      Delete
  13. Hi, kak! Mau tanyaaa, perjalanan dari padang bai ke kuta / sebaliknya naik shuttle ini berapa lama ya? Thank youu :)

    ReplyDelete
  14. Dear,
    Mba buat dari Kuta ke Lomboknya itu ga ada langsung ya? musti ke Padang Bai dulu baru nyebrang beda gitu kah? kalo bus yg di ubung langsung turun di Mataram ada ga ya?

    Thanks, BR,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari terminal ubung mungkin ada yg langsung mataram. Kalau aku dulu memangsengaja ngecer hehehe

      Delete
  15. Masih lum paham ni sorry
    Dr bali(kuta,legian sekitarnya) menuju padang bai, pake transport apa yg murah? Terus dr padang bai ke gilimanuk transportx pake bus?
    Untuk schedule shuttle dr kuta ke padang bai itu ada di hari apa aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai shuttle bus itu bisa. Langsung cek ke website mereka aja untuk jadwal pastinya

      Delete
  16. Kalo dari bandara bali buat ke padang bai naik apa ya? Trs kalo udh nyampe langsung aja ke tmpat tiket nya beli tiket nyebrang ke lombok gitu? Hehe

    ReplyDelete
  17. Mau tanya nih min kalo dari terminal ubung ke padang bai kira2 transortasi umum apa ya ? Thanks

    ReplyDelete