SNORKELING DI UMBUL PONGGOK SEBENING DAN SEBIRU DI LAUT

2:50 PM Winda Provita 17 Comments

Rona kekecewaan terpancar jelas dari wajah teman-teman saya ketika mereka mendapati keadaan Umbul Ponggok yang memang tampak sederhana. Umbul Ponggok adalah sumber mata air yang berada di Desa Ponggok Klaten. Umbul sendiri berarti mata air dan Ponggok adalah nama desa lokasi Umbul ini.

Jika saya boleh menggambarkan, Umbul Ponggok ini memang terlihat biasa, hanya sebuah kolam besar dengan banyak ikan air tawar di dalamnya. Beberapa teman bahkan bergidik ngeri melihat ikan yang ada di dalam Umbul. “Pasti amis deh airnya”, begitulah celetuk mereka saling mengiyakan. Saya yang mencanangkan rencana untuk snorkeling di Umbul Ponggok pun merasa bahwa apa yang ada di hadapan saya sangat tidak menarik. Ya, walaupun sebelumnya saya memang tidak berharap banyak, tapi saya tidak bisa berbohong bahwa saya juga sedikit kecewa dengan apa yang saya lihat disini.

“Airnya memang selalu sedangkal ini ya mas?”, tanya saya ke mas Reza. Mas Reza adalah teman yang akan mengajari kami snorkeling dan mengabadikan kegiatan bawah air kami hari ini.
“Iya, memang selalu segitu airnya”, jawab Mas Reza mengiyakan pertanyaan saya.
“Loh, trus gimana snorkelingnya mas kalo airnya dangkal gini, katanya sampai 5 meter mas? Ini mah gak sampe 5 meter” tanya saya meragukan kedalaman air di Umbul.
Dengan berat hati, teman-teman saya pun melangkahkan kaki untuk turun ke Umbul.
Kami siap snorkeling
“Eh pelan-pelan, dalem ternyata”, salah satu teman saya berteriak memperingatkan. “Seger banget airnya, gak amis sama sekali”, teman yang lain menimpali. “Eh iya gak amis, bening banget malah airnya”, suara teman-teman saya mulai terdengar bersemangat. Mendengar itu semua saya pun langsung ikutan nyebur, dan yes air di Umbul ini bener-bener seger.
Ini bukan laut loh. Hihihihi
Ini merupakan kunjungan pertama kami kesini dan kami sangat menyesal. Kami menyesal karena kami sudah meremehkan Umbul ini. Air di Umbul sama sekali tidak amis. Airnya bening dan sangat menyegarkan. Meskipun terlihat biasa tapi Umbul ini menyimpan pemandangan bawah air khas lautan. Dengan pasir, bebatuan, dan ikan-ikan yang bersliweran, umbul ini merupakan spot snorkeling yang menakjubkan. Berjam-jam kami dibuatnya tenggelam dalam keseruan mengabadikan kegiatan bawah air kami. Snorkling di Umbul tidak kalah loh dengan snorkeling di laut. Biru dan beningnya air di Umbul Ponggok sebiru dan sebening di laut. I swear.
Bening toh?
Dessy in action!

Pemandangan bawah air di Umbul Ponggok
TOP!
Wege in action!
Tips Berkunjung ke Umbul Ponggok
  • Umbul Ponggok merupakan tempat yang tepat untuk snorkeling jadi jika kalian berencana untuk mengunjungi Umbul Ponggok, kalian harus snorkeling!
    Harus snorkeling ya :D
  • Sebelum ke Umbul Ponggok sebaiknya kalian jangan berharap terlalu banyak, karena Umbul ini benar-benar biasa banget tampak luarnya. Jadi kalo gak berencana snorkeling, mending gak usah main kesini, karena takutnya kalian malah menjelek-jelekan Umbul ini. Hehehehe. 
  • Jangan kaget kalo ada penduduk sekitar yang nyuci baju atau bahkan sabunan dan sikat gigian di dalem Umbul, mereka susah dibilangin. Cuekin aja walaupun jorok banget sebenernya! (>__<)? 
  • Jangan khawatir gak punya alat snorkeling karena disana ada yang menyewakan alat snorkeling lengkap. Ada masker, snorkel, fins, dan life jacket. Sepaket cuma Rp. 20.000 bisa dipake sepuasnya. 

  • Kalo mau foto-foto underwater, disana juga ada ada yang menyewakan kamera underwater tapi mahal. Kalo kalian dari Jogja mending kalian nyewa kamera underwater di Sentra Selam Jogja, cuma Rp. 150.000 untuk sehari. 

  • Meskipun dari atas kelihatan dangkal, kedalaman air di Umbul ini mencapai 5 meter. Kalo mau snorkeling di Umbul Ponggok jangan lupa bawa temen yang jago renang. Takutnya ada apa-apa, biar ada yang nolongin kalian. Soalnya sepanjang mata memandang, gak ada pengawas buat nolongin orang tenggelam. Hehehehe. 
    Dalem toh?
  • Ada banyak kamar mandi di pinggir Umbul, jadi kalo mau pipis cabut aja ke kamar mandi, jangan pipis di Umbul. Hehehehe. 
    Kamar mandi
    Ada warung juga di pinggir Umbul
  • Menuju Umbul ini gampang banget dari Solo. Dari pasar Delanggu, ada toko Jempol, belok kanan. Ada perempatan tong, lurus aja ikutin jalanan utama, melewati gapura selamat datang di Desa Ponggok, masih terus. Ketemu simpang tiga ada tugunya, belok kiri, gak jauh dari sana Umbul Ponggok ada di kanan jalan.
*Semua foto underwater di postingan ini taken by Mas Reza

    17 comments:

    1. Wah, ini teman maen jaman saya kecil dulu. Rumah simbah saya dulu di desa Nganjat, dekat sama Ponggok. Dulu belum ada itu yang snorkeling di sana walau ya airnya emang dari dulu jernih banget.

      Yah, namanya juga mata air di kampung jadi maklum klo warga udah terbiasa memperlakukan mata air ya seperti "itu". Saya aja dulu pernah kok buang air kecil langsung di sana dan rasa airnya tetep ga amis. Hahaha. :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. cuma sayang aja kalo penduduk sekitar begitu terus, kan umbul ponggok sekarang mulai rame, sedih aja kalo orang kesana dan shock ngeliat penduduk yang begitu :(

        Delete
      2. Gimana ya mbak? Ini semacam kebiasaan warga kampung yang sudah diwariskan turun-temurun. Susah untuk mengedukasi warga untuk melarang mereka mencemari air umbul dengan deterjen atau sabun.

        Kalau mbak ingat, warga yang punya peliharaan sapi kan biasa tuh memandikan sapi di sungai. Nah, mereka mungkin juga membawa kebiasaan di sungai ke umbul dan sebaliknya kebiasaan di umbul ke sungai.

        Gimana klo menurut mbak supaya bisa mengubah kebiasaan warga seperti ini? Hampir di daerah Klaten lho seperti ini.

        Delete
    2. Jadi itu air tawar atau air asin? Menarik juga ya snorkling yang bukan di laut hihihi

      salam,
      adinugraha84.blogspot.com

      ReplyDelete
      Replies
      1. air tawar dong, mayanlah daripada ke laut jauh hehehe jadi main ke umbul pun oke :D

        Delete
    3. Syok juga pas lihat ada penduduk yang cuci baju sampe cuci piring pas ke sana, tapi ya bener juga... mereka susah dikasih tahu seakan itu kolam milik mereka pribadi, ya sudahlah hehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. kami pun shock dan langsung negative thinking pas ngeliat penduduk kayak gitu XD hehehe

        Delete
    4. eh, hrs bisa berenang ga sih snorkeling ini? haahahah aku ga bisa soalnya :D Tapi kalo ngeliat foto temen2 snorkeling ato malah diving gitu, rasanya pengeeenn bgt win...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Gak bisa berenang tetep bisa snorkling kok mbak :D akupun gak bisa berenang hehehe pake life jacket aja biar aman hehehe :D

        Delete
    5. Gda biaya masuknya ya Win?

      Jalur masuk nya apa dari gerbang itu saja atau di kelilingnya banyak rumah warga?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Biaya masuknya 3000 kak, tapi kemarin pas kesana datangnya kepagian jadi belum ada yg jaga dan gratis deh :D
        Di sekeliling rumah warga, kalo mau lewat gang di rumah warga pun bisa tapi ribet ih cuma 3000 juga :D

        Delete
    6. Cakep cakep ... camera nya pake apaan ??? seriusan keren bener

      ReplyDelete
    7. Salam Kenal.....BUMDes TIRTA MANDIRI selaku Pengelola Unit Umbul Ponggok selalu berusaha mmbuat pengunjung nyaman tp merubah adat/tradisi perlu waktu. Kebetulan Hrg Sewa yg tercantum di atas milik Kami, dan ad revisi harga kamera underwater 1jam 100rb, 30mnt 60rb, 15mnt 30rb.
      Saran dan kritik slalu kami harapkan.

      ReplyDelete
    8. Utk info/pemesanan bs hub.B.Endang 081-329-150-880 B.Rini 085-643-588-852 Pin 7cf9a004

      ReplyDelete
    9. Wakakakak ternyata mbak widya, eh mbak numpang ngelink donk (masukin link blogku gitu ehe)
      yang pengen main ke Umbul Ponggok dan pengen ditemenin sekalian difotoin bisa lho mampir di blog saya UmbulPonggok.com ehe

      ReplyDelete
    10. Untuk detail Umbul Ponggok bisa dilihat di website http://umbulponggokklaten.com isinya lengkap mulai dari alamat, CP, harga sewa, galeri, dll, pokoknya lengkap :D

      ReplyDelete
    11. Terimakasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat.
      Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
      Pariwisata

      ReplyDelete