PERBEDAAN BACKPACK, BACKPACKER, DAN BACKPACKING

10:14 AM Winda Provita 18 Comments

HALOOOO SEMUANYAAAAA ~
APA KABARRRRR ?????
ADA YANG KANGEN SAMA GUEEEE ?????
ADA ???
GAK ADA ?????
YOWIS,,,,
BHAY MAKSIMAL !!!
Hehehehe....
Kalau dihitung-hitung, sudah hampir dua bulan gue membiarkan blog ini terbengkalai tanpa adanya satupun tulisan. Dua bulan panjang dengan banyak kejadian. Iyes, gue sempat berpikir untuk berhenti nulis dan nutup blog ini. Awalnya sih pengen fokus dengan skripsi tapi sekarang whatever lah. Something happens dan itu bener-bener ngerusak segalanya. Yah, semuanya murni kesalahan gue. Andai waktu bisa diputar. Hehehehe. Curhat colongan.
Back to the topic.
Sebulan lebih gue gak mampir ke blog ini. Gue bahkan gak sadar kalau blog ini gak bisa diakses lagi. Domain berbayarnya expired dan gue baru tau itu setelah beberapa hari setelahnya. Kalo boleh jujur, perasaan gue campur aduk waktu tau domain blog ini expired. Harusnya gue seneng dong karena rencana untuk berhenti nulis kesampaian dan blog ini gak bisa diakses. Tapi hari itu gue nangis. Ada sesuatu dalam diri gue yang gak terima. Backpacktor.com gak ada lagi? Gak, backpacktor.com gak boleh mati. Gak seharusnya blog ini berakhir seperti ini. Gak seharusnya gue ninggalin blog ini. Gue gak bisa kehilangan backpacktor.com. Backpacktor.com bukan cuma sekedar blog. Semua kenangan gue ada disini. Gue gak mau kehilangan itu semua. Gue gak bisa kehilangan backpacktor.com.
Berhari-hari gue berkabung. Gue gak punya duit buat memperpanjang domain. Gua pasrah. Mungkin ini hukuman atas rencana gue pengen nutup blog ini. Mungkin ini yang dirasain backpacktor.com selama sebulan gue telantarin. Sedih. Sendiri. Terabaikan.
Hampir dua minggu berlalu, tiba-tiba gue dapet rejeki dari kak Fanny. Gue dapet duit. Gue gak pernah bayangin sebelumnya. Tiba-tiba kak Fanny ngasi rejeki gak terduga. Gue bengong. Akhirnya gue bisa balikin blog ini. Akhirnya backpacktor.com kembali. Gue seneng. Makasih banget ya kak. Gak tau harus ngomong apa lagi selain beribu terimakasih. Setahun lalu, backpacktor.com lahir dengan rejeki dari kak Fanny. Gak nyangka kalau tahun ini backpacktor.com hidup kembali berkat kak Fanny lagi. Padahal awalnya kenal kak Fanny cuma dari blog. Gak nyangka bisa kayak gini. Terimakasih banyak kak. Terimakasih untuk semuanya. Mulai sekarang, gue bakal jaga blog ini dengan baik. Gue gak bakal biarin blog ini mati lagi. Gue janji ke kalian semua. Hehehehehe.
Nah, sebagai pembuka dari mati surinya backpacktor.com, kali ini gue bakal share tentang perbedaan backpack, backpacker, dan backpacking. Ketiga kata yang sering digunakan ini ternyata memiliki makna yang berbeda loh. Dulu, dulu banget waktu awal-awal gue mulai nulis, tulisan pertama yang gue bikin itu berjudul “Gagal nge-backpacker ke Bandung” and you know what, judul itu salah kaprah. I pick the wrong word guys. Gue salah milih kata dan itu fatal. Kenapa?
Well, sebelumnya mari kita bahas arti dari backpack, backpacker, dan backpacking satu persatu terlebih dahulu. 

Backpack
Menurut kamus bahasa inggris yang gue instal di laptop, backpack memiliki arti ransel punggung. Backpack adalah kata benda dan backpack merupakan gabungan dari kata back dan pack. Back berarti belakang dan pack/package berarti paket/bawaan. Jadi bisa diartikan “Backpack sebagai kata benda itu artinya adalah paket (bawaan) yang dibawa di belakang (punggung), tas gemblok atau ransel”. (Sumber: backpackeran.info).
Ini backpack! Namanya blueblue ::*
Backpacker
Jika backpack adalah kata benda yang berarti ransel punggung. Lalu apakah arti dari backpacker? Menurut wikipedia, backpacker or backpackers may refer to a person who participates in backpacking (travel), low-cost, independent, international travel. (Sumber: wikipedia) Jadi, backpacker itu adalah orang yang berpergian (ke dalam/luar negri) dengan biaya sedikit/minim, yang mana mereka merencanakan perjalanan mereka sendiri (gak ikut travel agent). Simplenya sih backpacker itu merujuk ke pelaku atau orangnya dan backpacker ini identik dengan para pejalan yang membawa ransel di punggungnya.
Backpacking
Menurut wikipedia, backpacking is a form of low-cost, independent international travel. It includes the use of a backpack or other luggage that is easily carried for long distances or long periods of time; the use of public transport; inexpensive lodging such as youth hostels; a longer duration of the trip when compared with conventional vacations; and an interest in meeting the locals as well as seeing the sights. (Sumber: wikipedia)
Apa artinya? Backpacking itu bentuk kegiatannya (travel). Bentuk kegiatan yang merujuk ke jalan-jalan dengan biaya minim, bawa ransel, naik transportasi umum sampai tinggal di hostel.
Nah, berdasarkan penjelasan arti dari masing-masing kata di atas, ada yang mau ditanyakan gak? Ribet yak? Hehehehe. Intinya sih, jangan sampe salah kaprah dan memilih kata yang salah. Coba deh, artinya “Gagal nge-backpacker ke Bandung” apa coba? Gak jelas toh? Pick the wrong word itu fatal. Bisa merubah makna.
Nih beberapa contoh:
Salah satu temen gue, sebut saja namanya Mentari, doi update status begini, “Backpackeran ke Jogja bareng pacar”. Gak lama kemudian, salah satu teman dari Mentari yaitu Rembulan komen, “Backpacking keleusss”. Lalu mereka berantem. Mentari yakin yang bener itu backpackeran dan Rembulan yakin kalau backpacking yang bener. Lalu semua makhluk hidup musnah karena dunia gelap gulita tanpa adanya Mentari dan Rembulan yang menyinari. -The end-
Hehehehe. Emangnya backpackeran itu opo toh? Ada gitu maknanya?
Contoh lain datang dari seorang teman di facebook, doi sering banget update status “Gue pengen jadi backpack!”. DIA PENGEN JADI BACKPACK! Huhuhu. Itu gak salah sih kalau dia memang pengen jadi ransel punggung tapi kalau yang dia maksud itu pengen jadi backpacker kan ya gak enak toh ya. Kalau yang lain baca, mengingat dan menyalin kalimat itu untuk dijadikan status baru. Lalu kemudian itu menyebar dan semua orang di Indonesia pengen jadi backpack karena terinspirasi dengan kalimat singkat itu. Ya ampun! Bisa bayangin gak, kita lagi jalan-jalan dan semua orang yang kita temui berubah jadi ransel. Zonk banget sob! Gue ngakak bayanginnya.
Well, ini bukan tentang benar dan salah sob. Hanya kurang tepat. Jadi ada baiknya kalau kita bisa sama-sama belajar menggunakan kata yang tepat sesuai konteksnya. Kan gak enak toh, kalau karena tulisan kita, kita menyebar contoh yang salah dan bikin Mentari dan Rembulan lain berantem karena bingung yang bener yang mana. Apalagi kalau semua orang di Indonesia berubah jadi ransel karena satu kata yang kurang tepat penggunaannya. Hehehehe. Jadi sekarang sudah tau toh bedanya backpack, backpacker, dan backpacking? Apa hayooo?

18 comments:

  1. Semoga para pembaca tercerahkan :D

    ReplyDelete
  2. suka bingung sih artiin ketiga kata itu, yg penting intinya jalaaan apapun namanya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuhuu yang penting basicnya tau, biar gak salah maksud

      Delete
  3. windaaaaa ini blog jangan sampe ditutup dooonggggg!! Kepikiran juga jangaannnnn.... Tulisan kamu itu bgs tauuu! walopun suka lama ngapdet nya ;p Tapi aku slalu rutin tiap minggu ngecekin ada postingan baru ga ya di blog kamu...

    Lagian ntr kan, aku pgn kamu jg nulis traveling Des nanti dgn versi kamu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaah iya mbak
      Mau belajar rajin nulis deh mulai sekarang
      Desember mau kemana toh mbak?
      Aku penasaran tingkat dewa ~

      Delete
  4. Nice info, jadi tau perbedaan dari back-pack/-er/-ing

    eh, btw soal domain gimana sih kalo mau beli domain yg recomded dan harganya bersahabat dgn kantong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba deh di rumahweb.com, setahun cuma 100ribuan aja

      Delete
  5. hohoho ternyata bnyak yg salah ya :D..
    daripada daripada mending pake kata piknik/jalan-jalan aja deh saya mah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho.oh eike pun sekarang pake kata jalan-jalan aja hehehe sering bgt diriku salah soalnya XD

      Delete
  6. hummm...akhirnya mbak bisa kembali mempertahankan blognya...ayo pertahankan blognnya.. untung saya masih pake gratisan, so ngak mikir bayar domain ini itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIAP! :D
      Btw akhirnya dipanggil mbak biasanya pada nyangka eike cowo hehehe

      Delete
  7. Ah tau gitu aku sumbang dech buat memperpanjang doamain hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halaahhhh om cumi, berarti tahun depan nyumbang ya? :p hehehe

      Delete
  8. Ojo ditutup iki blog, tulisanmu semakin bagus dan menarik itu sebabnya aku ikutin via email

    ReplyDelete