RENCANA PERJALANAN DI TAHUN 2015

12:40 PM Winda Provita 26 Comments

Tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Setiap kali ada yang tanya, tahun ini saya akan pergi kemana, saya sedikit bingung menjawabnya. Saya belum memiliki rencana pasti saya akan kemana tahun ini. Saya tidak lagi memiliki “celengan” tiket promo pesawat yang biasanya saya beli jauh-jauh hari. Berpikiran untuk jalan-jalan dengan kereta api pun tidak ada semenjak tarif tiket kereta ekonomi melambung tinggi tanpa adanya subsidi. Tahun ini juga saya mulai disibukkan dengan bimbingan belajar yang baru saya bangun. Pagi hari saya bekerja sebagai staff administrasi. Di sore hari saya mengelola bimbingan belajar yang masih seumur jagung. Nampaknya, kesempatan saya untuk jalan-jalan semakin menipis.

Dengan banyaknya alasan yang sudah saya kemukakan sebelumnya, bepergian jauh akan sangat sulit saya lakukan di tahun ini. Tidak ada lagi jalan-jalan ke luar negeri, naik pesawat maupun kereta api. Meskipun demikian, itu tidak berarti saya menyerah dan membiarkan diri saya diam di satu tempat untuk 337 hari ke depan. Saya harus tetap jalan-jalan. Tapi kemana? Angan saya melambung, mencoba mengingat-ingat tempat mana yang belum pernah saya datangi dan memungkinkan untuk saya datangi tahun ini. Tidak perlu jauh, tidak perlu naik pesawat, tidak perlu naik kereta api, saya masih punya sepeda motor yang bisa saya kendarai.

Tempat-tempat yang pernah saya ingin datangi menyeruak berebutan untuk menarik perhatian saya. Semuanya berlomba menampilkan alasan-alasan mengapa saya pernah ingin mengunjunginya. Bahkan tidak jarang mereka berteriak menyerukan janji yang pernah saya ucapkan untuk mengunjungi mereka dengan segera. Isi kepala saya berubah layaknya ajang pemilihan Miss Universe dalam seketika. Tidak ingin melewatkannya, tangan saya pun mulai menuliskan tempat-tempat mana yang akan saya datangi dalam waktu dekat.

Di bulan Februari nanti saya akan mulai dengan Jogja dan sekitarnya. Dengan mengendarai sepeda motor, maka saya bisa melakukan perjalanan Solo-Jogja dalam satu hari. Pagi berangkat, malam kembali ke peraduan. Tempat pertama yang ingin saya kunjungi di perjalanan nanti adalah Candi Prambanan. Malu rasanya, sudah 4 tahun saya tinggal di Solo tapi tak pernah sekalipun saya mengunjungi Candi Prambanan. Padahal, entah sudah berapa kali saya melewatinya. Dari Candi Prambanan, saya akan bertolak ke Kulon Progo. Beberapa bulan ini, mata saya tak hentinya mengagumi keindahan pemandangan Waduk Sermo di foto profil teman fb saya. Foto itu menampilkan teman saya sedang duduk di atas rumah pohon dan menatap Waduk Sermo dari kejauhan. Tempat itu bernama Kalibiru. 
Kalibiru, Kulon Progo. Photo by Fitro Bagus Firmansyah
Dari Kalibiru saya akan beranjak menuju Gunung Ijo. Gunung Ijo adalah puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh. Saya tertarik mengunjungi Gunung Ijo karena dari Gunung Ijo nantinya saya bisa menikmati pemandangan dari 4 penjuru mata angin. “Di sebelah timur kita bisa menikmati keindahan alam Waduk Sermo, Kota Wates, Kota Yogyakarta, bahkan sampai di ujung bukit dan pantai di wilayah Parangtritis. Di sebelah selatan terlihat deretan pantai dari wilayah Bantul, Kulon Progo, Purworejo, dan Kebumen. Di sebelah barat nampak Kota Purworejo dan di sebelah utaranya adalah barisan Perbukitan Menoreh yang hijau dan subur”, itulah yang diungkapkan pemilik akun satriacustom di thread kaskusnya. Puas menikmati Gunung Ijo saya akan kembali ke Jogja. Saya ingin menutup hari saya dengan berburu senja di Candi Ratu Boko.
Gunung Ijo. Photo by @angkisland
Di hari yang lain atau mungkin di bulan selanjutnya, saya akan beralih ke kota Semarang. Ada 1 tempat yang sudah lama menarik perhatian saya. Saya penasaran dengan Brown Canyon yang baru-baru ini populer di kalangan para pejalan. Dalam perjalanan menuju Brown Canyon, saya akan mampir ke Umbul Sidomukti terlebih dahulu. Dari Semarang, saya akan bertolak menuju Temanggung. Saya ingin mengunjungi Embung Kledung dan Dataran Tinggi Posong. Saya hanya ingin sekedar numpang duduk di sana. Duduk sambil menikmati udara khas dataran tinggi dan bersantai dengan pemandangan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro di depan mata. Ah, tidak sabar saya melakukannya.

Masih ada banyak tempat yang berteriak dan meminta saya menuliskannya ke dalam rencana perjalanan saya tahun ini. Apakah saya sudah menyebutkan Pacitan? Pacitan juga masuk dalam daftar tempat yang akan saya datangi tahun ini. Saya ingin sekali ke Goa Gong dan Pantai Klayar. Tidak hanya Pacitan, Jepara bahkan terus menerus menyerukan tempat-tempat menarik yang berada di wilayahnya. Karimun Jawa tidak hentinya merayu saya untuk memasukkannya ke dalam rencana perjalanan saya. Ya, mungkin jika di pertengahan tahun nanti bimbingan belajar saya sudah berkembang dan bisa berjalan tanpa saya, maka saya akan mengambil cuti beberapa hari dan menuju Jepara dengan sepeda motor saya. Menyeberang ke Karimun Jawa dan mengunjungi Pantai Ujung Gelam, Pantai Legon Lele, Pantai Glaman lalu keesokan harinya mengikuti paket tur untuk Islands Hopping di pulau-pulau kecil di sekitar Karimun Jawa.

Sebenarnya, masih ada banyak tempat yang ingin saya tuliskan di sini, tapi sepertinya tulisan ini sudah melebihi persyaratan jumlah kata yang ada di Giveaway-nya Pergi Dulu. Maka sebelum Mbak Susan dan Mas Adam bosan membaca tulisan ini, saya akan menyudahinya dan menyimpan sisanya di dalam ingatan saya. Semoga melalui rencana perjalanan ini saya bisa dapat kamera baru untuk menemani perjalanan nanti. Amin.

Anyway, rencana perjalanan saya mungkin terlihat sederhana. Saya sendiri nggak ingin muluk-muluk dalam merencanakannya. Yang penting lokasinya dekat dengan Solo dan bisa saya tempuh dengan berkendara maka saya akan kesana. Sudah lama saya mengabaikan semua tempat itu. Merasa bahwa mereka tidak akan kemana-mana dan bisa saya datangi kapan saja, membuat saya terus menunda kunjungan saya. Ya, tahun ini harus terlaksana. Mengenal potensi wisata yang ada di sekitar saya, itulah rencana perjalanan saya tahun ini.

(Tulisan ini diikutkan dalam Kuis Berhadiah Kamera Canon PowerShot SX400 IS yang digelar oleh Pergi Dulu)

26 comments:

  1. Winddaaaaa.... Bgs tulisanmu ^o^.. Moga2 menangg yaaaaa ;) tdnya aku mikir mW ikut. Tp berubah pikiran...kameranya bukan yg aku incer hihihi :D.. Tp Ku doain kamu menang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehehehe amin. Kak Fanny ikut aja atuh, kalau menang n g mau kameranya buat aku aja ahahaaha :p

      Delete
  2. wah kece mbak semoga semunya terwujud ya mbak aamiin sukses kalo dapat kameranya potoin saya ya tar hehe...mantap sukses....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Angki thank you yak udah diijinin pakai fotomu pas di gunung ijo :D

      Delete
  3. Akkkk aku juga mau ikutan ahhh, lagi gak punya kamera neh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ikut juga Lid! Aku pun lagi g punya kamera :/

      Delete
  4. Sragen dan Wonogiri dan deket dari Solo mbak e?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya deket. Tapi kan sudah ku tulis di atas kalau masih banyak tempat yang pengen didatengi tapi jumlah kata sudah lewat hehehehe jadinya sisanya yg lain di simpan sendiri :D

      Delete
  5. Kerenn, salah satu destinasi gue nih :)

    ReplyDelete
  6. wihhh, hebat. semoga lancar deh plan nya.
    jangan lupa pengalamannya dibagi-bagi. ditulis di blog :)

    ReplyDelete
  7. kaaak, bawa aku ke kalibiruu dongggg. :)
    oengen poto selpie disana xixixi

    kunjungan balik ya kak, http://bit.ly/18vjFR9
    salam kenal :)

    ReplyDelete
  8. semoga mimpinya untuk trip ke joga dan sekitarnya bisa terwujud dan enjoy... :)

    salam kenal dari penduduk bumi .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya thank you :D Semoga segera terwujud

      Delete
  9. Dimanapun rencana perjalanannya kelak, semoga terlaksana ya :D

    ReplyDelete
  10. oh foto gue di ikutin lomba toh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, tapi nggak menang hahaha kurang oke tulisan eike :(

      Delete
  11. Gunung ijo ini cakep banget yaaaa #SUKA.
    Tahun 2015 aku akan kemana ????? Hmmmm biarkan Tuhan yg tau, aku aja binggung mau kemana hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halah, kalau mas cum sih kemana-mana bisa :o

      Delete
  12. jadi pengen ke gunung ijo..belum pernah soalnya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jg penasaran banget sama gunung ijo :o

      Delete
  13. waw, kulonprogo masuk list :D.. semoga rencananya kesampean ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pengen banget ke Kulon Progo >_<

      Delete