PERTAMA KALI MENDARAT DI KLIA 2

1:37 PM Winda Provita 37 Comments

Dalam perjalanan gue ke Thailand Desember lalu, gue berkesempatan untuk mendaratkan kaki pertama kalinya di KLIA 2. Kalau biasanya setiap kali gue ke Kuala Lumpur gue mendaratnya di LCCT, terhitung sejak tanggal 9 Mei 2014 semua penerbangan untuk Low Cost Carrier dipindahkan ke KLIA 2. So Backpackers, you are gonna love this new airport!
Jangan lupa foto di sini ya
Memiliki banyak waktu untuk transit di KLIA 2 jelas nggak akan gue sia-siakan. Gue dan Kak Fanny langsung menuju imigrasi begitu pesawat mendarat di KLIA 2. “Daripada waktu gue habiskan di dalam, mendingan gue jalan-jalan ke luar dan mengumpulkan banyak informasi tentang KLIA 2. Untung-untung bisa dijadikan bahan tulisan”, pikir gue kala itu.
Sepanjang perjalanan dari gate ke luar bisa lihat pesawat parkir :)
Entah gue yang jalannya kayak siput atau memang bandaranya kelewat besar. Gue membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk perjalanan dari gate kedatangan ke luar pintu kedatangan. “Seriously, buat yang sudah berumur dan yang lagi sakit, you have to ride in the special vehicle that prepared by this airport, karena capek banget boo kalau harus ngesot ke luar imigrasi. Jauh banget neng. Barbie lelah!”
Silahkan naik ini bagi yang butuh. Gratis!
Begitu keluar pintu kedatangan gue langsung sumringah melihat keadaan KLIA 2. Bandaranya gede banget! Bagus dan berkelas. Entah kelas berapa. Gue sampai bingung mau explore dari mana. Iseng ke toilet, ngintip baby care roomnya, aduh apik pisan uiy. Rasanya pengen bobo dan di pukpuk di sana. Toilet dan baby care roomnya bagus dan bersih banget!
Salah satu sudut KLIA 2 di lantai 2
Baby Care Room
Meninggalkan toilet, gue kembali seperti cacing kepanasan yang bingung mau kemana. “Pintu kedatangan berada di lantai ke 2”, begitu yang tertulis di papan yang bergantung di hadapan gue. Hmm, setelah mengamati sebentar, gue pun beranjak ke lantai 2 M, entah Mber, entah Mbek, entah Mbok. Sampai sekarang gue belum menemukan jawabannya. Di lantai 2 M ini, ada kantor Air Asia di sudut kanan. Di sekitar kantor Air Asia ada banyak space kosong yang dialasi karpet. Ada beberapa orang yang sudah menghiasi space-space kosong itu dengan gaya santai ala di pantai. Bahkan beberapa sudah nyenyak sekali tidurnya. “Hahaha, sudah kuduga, it’s gonna be favourited by backpackers”.
Banyak sign seperti ini jadi jangan takut nyasar
Foodcourt di lantai 2 M
Setelah berkeliling di Lantai 2 M, kami memutuskan untuk mampir di foodcourtnya. Kalau gue sendirian pasti gue cuma numpang duduk di sana. Tapi karena kali ini bareng Kak Fanny, jadi gue ditraktir makan dong. Horayy! Ada banyak pilihan makanan di sini. Gue sampai bingung mau makan apa tapi akhirnya kami berdua menjatuhkan pilihan ke nasi briyani.
Loket KLIA Express
KLIA Express
Puas mengisi perut, kami kembali turun ke lantai 2. Kak Fanny mau sholat. Berdasarkan petunjuk yang bergelantungan, Musholla or they call it Surau ada di lantai 1 dan 2. Setelah sholat, gue penasaran dengan KLIA Express. Awalnya gue pikir, KLIA Express adalah satu-satunya transportasi umum dari KL Sentral ke KLIA 2 ataupun sebaliknya. Sempet mules juga perut lihat harganya RM 35 untuk sekali perjalanan. Duh, bisa pecah kepala barbie kalau harus naik KLIA Express. Setelah memperhatikan petunjuk yang bergelantungan, gue pun penasaran dengan Lantai 1. Di petunjuk tertulis lantai 1 itu transportation hub, ada gambar taxi, bus dan mobil. Gue pun langsung mengajak Kak Fanny ke  lantai 1 dan ternyata benar, di lantai 1 inilah semua transportasi umum berkumpul. Jadi statement awal gue yang mengira kalau satu-satunya transportasi ke kota adalah KLIA Express itu salah. Ada bis, taxi bahkan mobil sewaan yang bisa digunakan untuk menuju kota. Bis sendiri nggak semahal KLIA Express, cuma RM 10 berdasarkan gue pura-pura ngantri di belakang orang yang lagi beli tiket. Oiya, di lantai 1 ini juga ada banyak kursi yang bisa dipakai untuk istirahat. Sepanjang pengamatan gue sebelumnya, di lantai 2 dan 2 M jarang banget ada kursinya. So, kalau mau duduk kalian bisa ke lantai 1 airport ini, tapi kalau mau ngemper dan bobo bobo lucu, di depan pintu kedatangan dan di sekitar kantor Air Asia ada banyak space kosong beralaskan karpet plus colokan di tiang-tiang penyangga.
Lantai 1 KLIA 2
Loket pembelian tiket bus ke KL Sentral
Lantai 1 sudah, lantai 2 dan 2 M juga sudah, sekarang kami berpindah ke lantai 3, Pintu keberangkatan. Dikarenakan memang setelah ini kami harus masuk lagi untuk melanjutkan perjalanan ke Bangkok, maka kami pun ke lantai 3 untuk boarding. Setelah pengecekan imigrasi kami harus kembali berjalan kurang lebih 30 menit untuk sampai di gate keberangkatan. Hall keberangkatannya asik untuk membunuh waktu menunggu keberangkatan loh. Ada banyak space yang disediakan untuk menonton tv bersama. Bahkan juga ada movie lounge-nya. So, kalau memang waktu boarding belum mepet banget usahakan untuk nggak masuk ke gate keberangkatan dulu. Karena begitu di gate keberangkatan sudah nggak bisa kemana-mana lagi.
Hall Keberangkatan
Movie Lounge
Lagi nonton The Hobbit di Movie Lounge
Anyway, gue merangkum beberapa informasi yang mungkin berguna untuk kalian nantinya. Check this out:
  • Kalau punya Flight dari KLIA 2 atau pun cuma mau transit di KLIA 2. Biasakan untuk nggak mepet waktunya. Siapkan 20-30 menit untuk jalan dari pintu keberangkatan ke gate keberangkatan. Jangan sampai lari-larian cuma karena meremehkan jarak yang ada.
    Lantai 3 KLIA 2
  • Kalau bawa botol minum, ada drinking water di gate kedatangan. Silahkan mengisi botol minum kalian begitu mendarat. Soalnya sepanjang pengamatan gue, satu-satunya drinking water yang gue temuin ya di gate kedatangan ini. Tell me, if I'm wrong.
    Drinking Water di Gate Kedatangan
  • Kalau kalian berencana menginap di Tune Hotel KLIA 2, ada lorong yang menghubungkan KLIA 2 dengan Tune Hotel. Lorong ini berada di lantai 1 M.
    Lorong yang menghubungkan KLIA 2 dan Tune Hotel KLIA 2
  • Buat kalian yang baru pertama kali mendarat di KLIA 2 dan bingung mencari transportasi umum ke KL Sentral. Kalian bisa pilih naik KLIA Express atau bus. kalau kalian mau naik KLIA Express, Dari pintu kedatangan kalian lurus aja, nanti belok kanan ada KLIA Express. Tarifnya RM 35 sekali jalan. Tapi kalau kalian pengen naik bus, dari pintu kedatangan kalian tinggal lurus aja sampe mentok, di kiri kalian nanti ada lift untuk ke lantai 1. Di lantai 1 nanti silahkan langsung menuju loket untuk membeli tiket bus, tarifnya RM 10.
    Lift untuk ke Lantai 1
    Tarif KLIA Express
  • Kalau kalian berencana bermalam di KLIA 2, kalian bisa menggunakan space-space kosong di depan pintu kedatangan atau di sekitar kantor Air Asia di lantai 2 M. Jangan pakai Surau-nya, karena ada peraturan di larang tidur di Surau, jadi tolong dihargai dan dipatuhi.
    Space-space kosong di sekitar kantor Air Asia
  • Kalau kalian mau mandi gratis di KLIA 2, di lantai 3 sebelah KK Minimarket ada toilet yang menyediakan shower room.

37 comments:

  1. Kalau mau ke KL central murah memang jangan naik KLIA Express, rada mihil~ tapi kalau pengen coba sesekali ndak apa :D mau murah naik bus aja. Eh, KLIA2 Gede ya? Capek euy jalan dari turun sampe exit area :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan rada mihil lagi tapi emang mahal boo KLIA Express XD

      Delete
  2. Skr udh ga mati gaya kalo mndarat lama dia KL ^o^ ngerasa di Mall jadinya ya win :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, jadi pengen sekali-kali nginep di sana hahaha

      Delete
  3. KLIA KLIA udah enak ya sekarang bandaranya, kesana seru sepertinya :D

    Salam EnjoyBackpacker.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Habisin waktu di KLIA nggak bikin bosen

      Delete
  4. Wah.. ogut beloman kesana kakaknyah.. #sedih

    ReplyDelete
  5. Aku blm perna mendarat di KLIA2 nich, btw foodcourt nya kece yaaaa suka suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masa Mas Cumi blm pernah mendarat di KLIA 2 :o Jangan jangan selama ini turunya di KLIA terus ya :o Keren

      Delete
  6. Bandaranya besar banget yah..
    Informasinya berguna banget, siapa tau suatu waktu mampir di KLIA2

    ReplyDelete
  7. Bulan dpn bakal ke KLIA 2 nih, nginep di bandara sblm terbang ke aceh beaoknya heuheu... Thanks infonya, kakak. :D

    Btw, pertanyaan refund airport tax kujawab disini ya hihi. Yup, kalo mau refund lbh baik telp dlu ke call center. Tunggu tiket hangus yah ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin sudah refund kak Hehehe thank you infonya. Selang beberapa menit kirim pemintaan refund eh langsung di acc tanpa perlu nelpon Call Center :D Lumayan, hemat pulsa hehehe

      Delete
    2. Estimasi refund airport tax nya sampe berapa lama ya dari tiket hangusnya? Tlp call center nya.. Call center apa nhe? Bandara ato maskapai nya?

      Delete
    3. Call center maskapai dong.
      Estimasi waktunya sebulan kalau nggak salah inget baru cair airport taxnya.

      Delete
  8. Nambahin info hehehe di gate keberangkatan,kbtulan kmren gate P13 n smpet jalan2 ke gate sebelah jg ada water tap nya,cm perasaan ko mancurnya ga sekencang kyk di changi yaaa
    Trs jg tgl 7 juni n 9 juni smpet bermalam di klia2,kt ber4 dh siap2 gelar lapak tidur dpn kantor AA itu,eh didatengin security n dilarang tdr disana,situasi saat itu sepi bgt n dh jam 12 mlm.cm gw smpet ngeles klo lg numpanh ngecharge,ma dy disaranin level 3.
    Nah level 3 departure international,pas sebelah imigrasi ada eskalator tuh,lgsg aja naek n disana bnyk space kosong tp ga pke karpet,ga dingin2 amat disana.ada surau jg disana n bnyk yg tdr tp dingin bgt,prefer diluar surau.kyknya sengaja kali ya hehehe

    ReplyDelete
  9. Sy udah 2x mendarat di klia2. Gileeeee..gede bgt. Jalan smp gempor..

    ReplyDelete
  10. hi kak mau tanya
    saya mendarat di KL senin jam 11 pagi, mau exlopre KL, lalu
    besoknya berangkat jam 6 subuh. Nah saya rencana mau tidur di KLIA2
    Apakah saya bisa masuk ke terimal arrival jika saya saja baru datang dr KL Sentral ?
    saya rencana pgn tidur di kantor airasia itu dehh. ditunggu blsnny y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kalau masuk ke dalam (habis lewatin imigrasi) belum bisa deh. Jadi nunggunya ya di luar. Banyak spot tidur di KLIA 2 kok. Jadi tenang aja

      Delete
  11. Maksudnya terminal departure (keberangkatan/perlepasan) ?? Atau arrival (ketibaan/kedatangan). Klia2 itu gede bgt...tidur2 di ruang manapun banyak kita jumpai..

    ReplyDelete
    Replies
    1. rencananya mau tidur di kedatangan (setelah exlopre KL)
      bisa tidak saya masuk kesana ? secara saya ini kan baru selesai explore KL. makasi mas atas bantuanny

      Delete
  12. Mulai January 2016 tarif baru KLIA Ekspress dari KLIA2 ke KL Sentral adalah RM55.00 Dewasa RM25 Anak-anak bawah 12 tahun... Tarif bis kekal RM10

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terimakasih infonya, sudah agak lama belum ke KLIA 2 lagi nih jadi agak kudet

      Delete
  13. Wah mahal bingits yah KL express itu. Dulu udah pernah naik bis, hampir 2 jam kalo ga salag dr KLIA ke KL Sentral. Taun depan mau ke sana lagi lah nyoba KL express yg mahal itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai sekarang saya belum pernah naik KLIA express, sayang duitnya hehehe

      Delete
  14. Replies
    1. terimakasih sudah berkunjung di blog saya :D

      Delete
  15. kak mau tanya, kalo dari klia 2 ke kota sepang saat tengah malam transportasi umum apa yg bisa dipake? kalo taksi mahal ga ya? hehe makasai kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kayaknya pilihan transportasinya hanya taxi kak kalau tengah malam. Kalau nggak bermalam di KLIA 2 aja kak, tunggu pagi. hehehe

      Delete
  16. kak mau tanya dunk, itu tidur di depan konter air asia setelah lewat imigrasi atau belum?
    terus kalo mau mandi ke lantai 3 masuk imigrasi lagi kah?
    saya sampai di KL pukul 23.30, jadi ingin menginap disana samppai pagi.
    mohon bantuanya kak.

    ReplyDelete
  17. Halo kak mau nanya, klo dr klia2 naik kereta ke klia di lt brp y, thanks sblmnya

    ReplyDelete
  18. Mau tny klo smpe di bandara klia uda jam 1 malam itu bs numpang tdr kah di bandaranya? Trims

    ReplyDelete