TIPS BACKPACKING KE BROMO VIA PROBOLINGGO

9:04 AM Winda Provita 10 Comments


Pernahkan kamu melewati lautan pasir dengan perbukitan di sekelilingmu?
 
Pernahkah kamu mendekati kawah sebuah gunung berapi yang masih aktif?

Pernahkah kamu menikmati sunrise dengan 3 gunung berbeda sebagai latar belakangnya?

Kalau kamu belum pernah mengalami semua itu maka kamu harus mengunjungi Bromo.
Gunung Bromo, Batok dan Semeru
Bromo adalah salah satu wisata alam yang sangat populer di Jawa Timur. Meskipun saat ini Bromo sedang erupsi tapi semoga tulisan ini bisa jadi referensi liburan kamu berikutnya ketika Bromo sudah aman untuk dikunjungi.

Ada banyak cara menuju Bromo. Kamu bisa mencapai Bromo melalui Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang. Namun khusus di postingan ini, gue akan share cara mencapai Bromo melalui Probolinggo.

Kamu bisa menggunakan bis maupun kereta api untuk mencapai Probolinggo darimanapun rumah kamu berada. Apabila kamu menggunakan bis, nantinya kamu akan berhenti di Terminal Probolinggo dimana kamu akan oper untuk naik Bison menuju Cemoro Lawang. Cemoro Lawang ini merupakan desa terdekat dengan Gunung Bromo. Namun apabila kamu menggunakan kereta api, maka kamu akan berhenti di Stasiun Kereta Api Probolinggo. Dari stasiun, kamu tinggal naik angkutan umum untuk menuju Terminal Probolinggo.

Bison dengan tujuan langsung ke Cemoro Lawang berada di luar Terminal Probolinggo. Kalau kamu bingung, kamu bisa menemukannya dengan bertanya langsung ke orang yang kamu temui di sana. Hati-hati dengan scam yang sering terjadi di angkutan Bison menuju Cemoro Lawang. Tarif untuk naik Bison ke Cemoro Lawang adalah Rp. 30.000. Kalau boleh saran jangan kesorean sampai di Probolinggo, karena sulit menemukan angkutan Bison ke Cemoro Lawang setelah jam 5 sore. Kalaupun ada, biasanya supir akan menaikkan tarifnya.

Sesampainya di Cemoro Lawang, kamu bisa langsung mencari penginapan. Waktu itu gue menginap di Budi Jaya Homestay. Kalian bisa membaca review gue tentang homestay ini di blog ini (Baca: Budi Jaya Homestay). Atau kalau nggak, carilah penginapan yang dikelola oleh penduduk sekitar. Biasanya harganya relatif lebih murah dibanding menginap di hotel yang ada di Cemoro Lawang. Untuk di Budi Jaya Homestay sendiri, gue mendapatkan harga Rp. 100.000 per malamnya untuk 2 orang. Jangan takut masalah makan. Kamu bisa makan di kedai yang berada di samping Budi Jaya Homestay. Harga makanannya wajar, nggak akan menguras kantong kamu.

Dari Cemoro Lawang, kamu bisa memilih transportasi apa yang ingin kamu gunakan untuk mengunjungi spot-spot wisata yang ada di Bromo. Sudah tahu kan apa saja spot-spot wisata di Bromo? Yup, ada Penanjakan 1, Penanjakan 2, Pasir Berbisik, Kawah Bromo, dan Bukit Teletubies. Nah, kalau kamu mempunyai uang yang cukup banyak, maka kamu bisa menyewa Jeep untuk berkeliling ke spot-spot wisata itu. Tapi kalau uang kamu mepet, maka cobalah untuk naik ojek. Kalian akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dibanding duduk manis di Jeep. Kalian hanya perlu membayar Rp. 100.000 untuk berkeliling menuju Penanjakan 1, Kawah Bromo, Bukit Teletubies, dan Pasir Berbisik. Murah bukan? Kalau kalian beruntung, mungkin kalian bisa nego untuk diantar ke Air Terjun Madakaripura juga.
Sunrise dari Penanjakan 1
Ingat, waktu terbaik untuk ke Bromo adalah di musim panas sekitar bulan Juni sampai Oktober. Biaya masuk ke kawasan Bromo adalah Rp. 27.500 di hari biasa dan Rp. 32.500. Jangan lupa membawa jaket tebal, sarung tangan dan syal karena nantinya kamu akan sangat membutuhkannya ketika menuju Penanjakan 1 untuk menikmati sunrise.

Sekian tips dari gue. Kalau mau menambahi atau mau tanya-tanya, silahkan tinggalkan komentar di postingan ini.

10 comments:

  1. Lumayan mahal juga yaaaa biaya masuk ke bromo ini

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Bromo masih erupsi. Doakan semoga cepat berhenti erupsinya biar bisa ke Bromo lagi :)

      Delete
    2. Udh sembuh bos erupsinxx monggo di orderr kami siap melayani sewa jeep,elf,vilaa

      Delete
    3. Mohon infonya kalo lewat jm 5 adakah angkutan umum yg menuju bromo...
      Makasih

      Delete
    4. Mohon infonya kalo lewat jm 5 adakah angkutan umum yg menuju bromo...
      Makasih

      Delete
  3. ke Bromo 2 tahun lalu via malang,
    ikut open trip 3250rb di jemput di kota Malang
    itu termasuk murah atau mahal gak?

    Kalau dari probolinggo, belum pernah sih tapi seeprtinya seru merasakan nginap di desa cemoro lawang.

    ReplyDelete
  4. Kalau dari cemoro lawang ke Penanjakan 2 jaraknya brapa jauh gan??

    ReplyDelete
  5. Kalo dari stasiun probolinggo ke terminal probolinggo kira-kira tarifnya berapa mas?

    ReplyDelete