TIPS MEMAKSIMALKAN WAKTU LIBURANMU YANG SINGKAT

9:33 PM Winda Provita 7 Comments

Sebagai backpacker, gue dituntut untuk selalu menghargai waktu yang gue miliki. Mengapa demikian? Karena ketika merencanakan sebuah perjalanan, waktu adalah salah satu hal penting yang harus gue perhitungkan dengan baik. Bahkan kadang, waktu adalah hal penting kedua setelah uang.
“Loh, kok bisa?”
Ya, bisa dong.
Seberapa banyak uang yang gue miliki, akan menentukan seberapa lama waktu liburan gue.
Gue nggak pernah bisa liburan dalam waktu yang lama, karena uang yang gue miliki terbatas. Ya, meskipun demikian, gue tahu cara memaksimalkan waktu liburan gue dengan baik. Contohnya aja nih ya, waktu pertama kali gue ke luar negeri, gue cuma punya waktu 4 hari aja untuk jalan-jalan. Tapi ternyata dalam waktu 4 hari itu, gue bisa mengunjungi Kuala Lumpur, Singapura, dan Melaka. Terus ada lagi, waktu gue lagi explore Jawa Timur, gue cuma punya waktu 4 hari aja waktu itu. Dan dalam waktu 4 hari itu gue bisa ke Bromo, Kawah Ijen dan Keliling Surabaya seharian. See? Meskipun waktu jalan-jalan gue selalu terbatas dan singkat tapi itu nggak menghalangi gue untuk menikmati liburan gue.
Jadi gimana? Pengen tahu cara gue memaksimalkan waktu liburan gue? Check this out!
Rencanakan waktu liburanmu jauh-jauh hari.
Merencanakan waktu liburan jauh-jauh hari akan memberikan kamu banyak manfaat. Manfaat yang pertama adalah kamu masih memiliki banyak waktu untuk menabung. Manfaat yang kedua adalah kamu memiliki kesempatan untuk berburu tiket pesawat murah. Manfaat yang ketiga adalah kamu bisa menciptakan waktu liburanmu sendiri. Ingat, jangan liburan di tanggal merah atau hari libur nasional. Rame dan sumpek boo! Be creative lah pokoknya. Cari waktu dimana kamu bisa liburan dengan tenang.
Exploring Singapore
Susun itinerary dengan baik.
Kalau tiket pesawat sudah di tangan, tabungan juga sudah cukup dan waktu liburan juga sudah ditentukan, maka sekarang adalah saatnya kamu untuk menyusun itinerary atau rencana perjalananmu. Dikarenakan waktu liburanmu singkat, maka tulislah semua tempat yang ingin kamu kunjungi terlebih dahulu. Setelah itu, buatlah perencanaan waktunya. Tempat mana yang pertama kamu kunjungi dan tempat mana lagi selanjutnya. Buatlah itinerary seramping mungkin agar waktu liburanmu lebih maksimal.
Be on time
Tepat waktu adalah kunci keberhasilan dari perjalananmu.
Kamu boleh punya tiket pesawat di tangan, tapi kalau di hari H kamu telat ke bandara dan ketinggalan pesawat, maka hanguslah rencana liburanmu.
Kamu boleh punya itinerary yang lengkap, tapi kalau dalam pelaksanaannya, kamu seenaknya dan nggak memperhatikan waktu, maka sia-sialah itinerarymu.
Tepat waktu mungkin terlihat sepele tapi itulah salah satu rahasia gue memaksimalkan waktu liburan gue selama ini. Gue sudah kapok dengan yang namanya nggak tepat waktu. Jadi dulu waktu pertama kali gue menemani rombongan tur ke Kuala Lumpur, gue pernah punya pengalaman nggak enak tentang ketidak tepatan waktu ini. Gue kan pemimpin tur, jadi seharusnya semua kegiatan berjalan sesuai itinerary yang gue susun. Tapi ternyata karena gue nggak memperkirakan waktu dengan baik, itinerary perjalanan gue kacau. Gue ketinggalan Bus menuju Genting Highlands!!! Gue cuma telat 3 menit aja padahal. Cuma 3 menit!!! Tapi Bus itu meninggalkan gue tanpa ampun. Kalau cuma gue yang ketinggalan sih gue nggak masalah, tapi ini kan gue bawa rombongan 11 orang!!! Rasanya nggak karuan. Gue pucat pasi. Gue coba beli tiket Bus untuk keberangkatan selanjutnya dan penuh!!! Lalu nasib rombongan gue bagaimana?? Ah, batin gue berkecamuk, gue terus memaki kebodohan gue. Gue nggak akan pernah lupa perasaan di pelototi 11 pasang mata yang membara. Ya, meskipun pada akhirnya gue berhasil menyewa taksi untuk ke Genting Highlands, tapi duit yang gue habiskan untuk tur itu menjadi lebih banyak dari yang gue perkirakan di awal.
See? Nggak tepat waktu fatal banget akibatnya kan?
Casio Unisex Hitam Biru Resin MQ71-2B
Nah karena itu, sejak kejadian itu gue selalu belajar tepat waktu ketika melakukan perjalanan. Saking menggebunya gue pengen belajar tepat waktu, sekarang gue pengen banget punya jam tangan baru. Gue lagi tertarik untuk punya jam tangan Casio. Sudah lama gue melihat Koleksi Jam Tangan Casio di ZALORA. Koleksinya lengkap dan modelnya lucu-lucu. Di ZALORA ada banyak Casio. Salah satu jam tangan Casio yang lagi gue incar adalah jam tangan Casio Unisex Hitam Biru Resin MQ71-2B. Gue tertarik dengan jam tangan Casio ini karena designnya simple. Gue juga suka warna birunya, senada dengan sepeda motor gue. Dan yang paling penting jam tangan Casio ini tahan air, jadi gue nggak perlu khawatir kalau pas lagi traveling di saat hujan. Selain itu, gue tertarik untuk beli jam tangan Casio ini di ZALORA adalah karena gue yakin semua produk jam tangan Casio di ZALORA itu asli. Jadi ya, doakan gue ya, agar uang tabungan gue terkumpul untuk beli jam tangan itu. Hehehe. 

Nah, jadi bagaimana? Gampang kan cara memaksimalkan waktu liburan yang singkat?

7 comments:

  1. Aku selalu pake jam kemana2 biar tepat waktu #Halah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah asiknya yang punya jam tangan. Aku masih nabung mas cum :D

      Delete
  2. hai sis, kayaknya sering ne jalan2,, boleh minta tolong berbagi tipsnya buat dapet tiket murah buat backpacker an ke LN g sis?? Pengin banget ke singapura

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk dapet tiket murah bisa langganan newsletternya AirAsia. Biasanya kalau mereka ada promo pasti di email ke kamu.

      Delete
  3. tapi itu semua akan hilang ketika pergi ke takengon mbak hehe
    di sana, jam harus bener2 di jaga mbak. soalnya cuacanya bikin bingung :D

    ReplyDelete
  4. nah ini.. waktu liburan yang cuma sehari terasa kurang banget T.T

    ReplyDelete