CENTRAL RASA, OLAHAN SEAFOOD MURAH DI PUSAT KOTA SOLO

8:40 AM Winda Provita 4 Comments

Sebagai orang yang pemalu, gue paling nggak suka menjadi pusat perhatian. Itulah mengapa di blog ini, gue jarang banget mengulas mengenai kuliner. Padahal, gue adalah tipe orang yang suka banget makan di luar. Gue nggak pernah sanggup mengumpulkan foto cafe atau restoran yang gue datangi. Bayangin aja, pas lagi di restoran, orang-orang lagi asik makan, gue berdiri, gue keluarkan kamera gue, gue potret setiap sudut restoran, lalu semua orang yang ada di sana akan serentak menatap gue. Dihujani tatapan seperti itu akan membuat gue kikuk. Gue akan merasa seperti maling yang habis nyolong pakaian dalam. Rasanya sangat nggak nyaman. Selain tatapan mereka yang membuat gue nggak nyaman. Gue juga nggak nyaman dengan cibiran mereka. Mereka akan bilang gue alay. Mereka akan bilang gue norak. Ngapain motret ruangan, mending selfie sambil monyongin bibir ke depan. Itulah mengapa gue jarang mengulas kuliner di blog ini. Bebannya lebih berat dibanding menghapus kenangan bareng mantan.

Memasuki tahun yang baru, harus ada resolusi baru juga. Dan resolusi baru gue adalah menambahkan ulasan mengenai kuliner di blog ini. Ya, walaupun gue nggak gitu jago masak dan kadang bingung membedakan merica dan ketumbar, but I’ll do my best.
Central Rasa
Sebagai pembuka, kali ini gue akan mengulas mengenai salah satu warung kaki lima yang ada di kota Solo. Central Rasa, adalah warung kaki lima yang berada di Jl. Slamet Riyadi, Utara Stadion Sriwedari, dan berada di depan MAN 2 Surakarta. Central Rasa menyajikan sajian khusus olahan seafood. Kalau dilihat sekilas, Central Rasa memang nggak jauh berbeda dengan warung kaki lima sejenis. Namun ada satu poin penting yang membuat gue memutuskan untuk makan di sini. Gue suka dengan tagline yang dimiliki Central Rasa. Seafood Central Rasa “DIJAMIN PASTI MURAH”, itulah yang mereka tulis di spanduk yang mereka pasang di depan warung mereka.
Meja bekas gue makan langsung dibersihkan
Murah adalah poin penting yang gue cari sebelum gue memutuskan untuk makan di suatu tempat. Dan karena Central Rasa memberikan jaminan pasti murahnya, gue pun tanpa sungkan langsung masuk ke warung dan duduk di salah satu meja. Central Rasa memang tampak sederhana. Warung ini tidak berbentuk bangunan. Konsep warungnya lesehan dan hanya menggunakan bahu jalan yang dialasi dengan tikar. Namun meskipun demikian, kebersihannya sangat terjaga.
Daftar menu di Central Rasa. Murah kan?
Begitu gue duduk, gue langsung membaca menu yang tersedia di hadapan gue. Kakap Rp. 13.000, Udang Rp. 13.000, Cumi Rp. 13.000, Kepiting Rp. 40.000. Mennn, ini sih beneran murah. Kalau dibandingkan warung seafood sejenis yang ada di dekat rumah, harga masakan seafood di sini jauh lebih murah. Gue langsung memesan Kepiting dan Tanti memesan Kakap. Asiknya lagi makan di Central Rasa, pembeli bisa memilih olahan masakan yang diinginkan. Mau digoreng biasa, digoreng tepung, dibakar, dimasak saus tiram, dimasak saus asam manis atau dimasak saus mentega pun bisa. Dan untuk olahan masakan yang dipilih pun tidak dikenakan biaya tambahan. Hanya khusus bakar saja yang harus menambah Rp. 1.000. 
Dengan banyaknya pilihan masakan yang ada, gue pun tanpa ragu langsung memesan Kepiting Asam Manis. That’s my favourite! Begitu juga dengan Tanti, Tanti juga memesan Kakap Asam Manis. Selain harga menu utama yang memang murah, untuk harga seporsi nasi dan minumannya pun standar. Seporsi nasi seharga Rp. 2.000 dan es teh dihargai Rp. 2.500.
Kakap Asam Manis
Pesanan Tanti datang duluan. Seporsi nasi, es teh dan seporsi Kakap Asam Manis. Begitu Kakap Asam Manis dihidangkan di hadapan gue, gue langsung ikutan nyomot dan icip-icip. Rasa asam manisnya pas, bumbunya juga meresap ke dalam daging. Ah, kalau nggak ingat ini punya Tanti, pasti sudah gue lahap habis. Lagi asik icip-icip, sekarang giliran pesanan gue yang datang. Seporsi nasi, es teh, dan seporsi Kepiting Asam Manis. Sluurrppp, gue langsung mengambil salah satu bagian kepiting dan meyeruputnya. Hmmm, saus asam manis di Kepiting ini lebih kental dan rasanya pun lebih kuat. Endeus gila rasanya!
Kepiting Asam Manis
Gue langsung tenggelam dalam kesibukan menikmati setiap inch bagian kepiting. Sluurpppp! Enak! Cangkang di capitnya sudah remuk jadi gue nggak perlu bersusah payah untuk menggigitnya. Tinggal sedooottt! Setiap porsi kepiting terdiri dari 2 ekor kepiting. Asik banget men, menikmati seporsi kepiting asam manis ini sendirian. Sedooottt lagi! Sluurppp! 
Bayar setelah makan
Overall, gue suka banget dengan olahan seafood di Central Rasa. Kalau dilihat dari lokasinya yang berada di tengah kota, kebersihan serta harga dan cita rasa masakannya, gue memberikan Central Rasa nilai 4 dari 5. Anyway, gue dan Tanti cuma habis Rp. 62.000 saja loh. Murah kan?

4 comments:

  1. Ok siip aku catet dulu. Ntr kalo k solo lg pgn datangin :D.. Aku jg paling suka ama seafood soalnya trutama udang :D

    ReplyDelete
  2. Kak, mesannya langsung yg kepiting yaaa.. 40 ribu yaaa.. oh.. hahaha... Btw, masakan di pinggir jalan begini (can I call it like that?), rata-rata malah enak loh. Dan harganya pasti lebih murah dibanding di restoran. Maklum mereka gak menjual "view" tapi menjual makanan. Pure makanan.

    ReplyDelete
  3. Wah, kalau ke Solo boleh nih dicoba.

    ReplyDelete