CARA MUDAH DAN MURAH KELILING CHIANG RAI

11:19 AM Winda Provita 12 Comments

Kata orang, jalan-jalan ke luar negeri itu mahal. Eittss tunggu dulu. Semua tergantung selera. Tergantung gimana kita mengatur perjalanan kita. Nah, supaya kalian lebih gampang merencanakan perjalanan kalian dengan hemat. Gue akan share wisata gratis di beberapa negara yang pernah gue kunjungi. (Baca: Yang Gratis di Singapura) Dan khusus di postingan kali ini, gue akan share mengenai wisata gratis di Chiang Rai. Nggak cuma tentang wisata gratisnya aja, gue juga akan berbagi cara untuk menuju ke setiap tempat yang gue sebutkan nantinya.
White Temple Chiang Rai
Anyway, ada yang tahu Chiang Rai itu dimana?

Untuk yang mungkin belum tahu, Chiang Rai adalah salah satu provinsi yang ada di Thailand. Chiang Rai ini berada di Thailand bagian Utara dan berbatasan langsung dengan Myanmar dan Laos. Chiang Rai adalah salah satu provinsi di Thailand yang memiliki transportasi umum yang lengkap. Ada Songthaew, Tuk Tuk, Taxi Meter, Ojek bahkan Bus dalam dan luar kota. (Baca: Mengenal Transportasi Umum di Chiang Rai)

Ada banyak pilihan wisata yang ditawarkan Chiang Rai. Cara menuju Chiang Rai pun cukup mudah. Ada banyak penerbangan yang melayani rute ke Chiang Rai. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan Bus dan Kereta Api untuk mencapai Chiang Rai.

Lalu apa saja tempat wisata gratis di Chiang Rai?

Eittss, sabar dulu. Sebelum gue membahas lebih lanjut mengenai tempat wisata gratis yang ada di Chiang Rai, ada baiknya kalian tahu kalau pusat transportasi umum di Chiang Rai berada di Terminal Bus 1 Chiang Rai. Nah, setelah kalian tahu itu, maka nantinya jika kalian berencana menginap di Chiang Rai, pilihlah penginapan yang berada di satu kawasan dengan Terminal Bus 1 Chiang Rai. Ini supaya kalian bisa lebih hemat menuju tempat-tempat wisata yang ada di Chiang Rai. Tinggal jalan dari penginapan ke Terminal Bus 1 dan langsung menggunakan transportasi umum yang akan gue jabarkan di sini.

Then, here we go. Ini adalah beberapa tempat wisata gratis yang gue rangkum berdasarkan perjalanan gue ke Chiang Rai bareng Kak Fanny.

White Temple

White Temple atau dalam Bahasa Thailand Wat Rong Khun adalah salah satu tujuan wisata yang nggak boleh dilewatkan ketika berada di Chiang Rai. White Temple ini berada tidak jauh dari pusat kota Chiang Rai. Kalau biasanya kalian menikmati kuil dalam balutan warna emas maka kuil ini sedikit berbeda. Kuil ini didesain oleh Chalermchai Kositpipat, seorang artis terkenal di Thailand. Keseluruhan kuil ini didominasi dengan warna putih. Cantik sekali!
Entering the White Temple
White Temple berada beberapa kilometer di luar pusat kota Chiang Rai. Kalau kalian naik bis dari Chiang Mai menuju ke Chiang Rai ataupun sebaliknya, kalian akan melewati lokasi White Temple ini. Namun apabila kalian menginap di Chiang Rai dan ingin menuju ke sini maka kalian bisa menggunakan Songthaew. Songthaew ini memiliki beberapa rute di dalam kota Chiang Rai. Salah satunya adalah rute menuju ke White Temple. Jadi kalau mau hemat ke White Temple silahkan naik Songthaew ke White Temple. Songthaew dengan rute ke White Temple dapat ditemukan di Terminal Bus 1 Chiang Rai. Pastikan kalian naik Songthaew yang tepat dengan cara naik Songthaew ini di paltformnya. Kalau bingung bisa tanya ke orang lokal atau ke Tourism Office di dalam Terminal Bus 1. Biaya untuk naik Songthaew ini sekitar 20-50 baht sekali jalan.
Toilet di lingkungan White Temple. Megah ya boo?
Golden Triangle
Petunjuk 3 negara
Masih ingat pelajaran IPS tentang negara-negara di Asia Tenggara? Thailand, Myanmar dan Laos adalah salah tiga anggota negara Asia Tenggara. Tahukah kalian, bahwa kalian bisa menikmati ketiga negara tersebut langsung dari satu titik? Golden Triangle adalah jawabannya. Golden Triangle adalah titik pertemuan antara tiga negara yaitu Myanmar, Laos dan Thailand. Ketiga negara ini dipisahkan oleh sungai Mekong. Dari Golden Triangle ini kita bisa melihat Myanmar dan Laos dari seberang. Tidak hanya itu, kalian juga bisa menyeberangi Sungai Mekong untuk mampir ke Don Sao Laos.
Kuil di Golden Triangle
Golden Triangle berada puluhan kilometer di luar pusat kota Chiang Rai. Kalau gue nggak salah inget jarak tempuhnya sekitar 1 jam perjalanan. Untuk menuju Golden Triangle, kalian bisa menggunakan Mini Van yang disediakan oleh Green Bus. Eits, tapi jangan salah kaprah ya. Meskipun namanya Green Bus tapi Mini Van ini nggak berwarna hijau loh. Kalian bisa menemukan platform Green Bus ini di dekat kamar mandi yang ada di Terminal Bus 1. Mini Van by Green Bus ini menyediakan 2 rute, menuju ke Golden Triangle dan Mae Sai. Sebelum naik Mini Van harap memastikan tujuan Mini Van ke supir terlebih dahulu ya. Ongkos naik Mini Van by Green Bus ini adalah 50 baht sekali jalan.
Golden Triangle
Mae Sai

Mae Sai adalah kota perbatasan Thailand dengan Myanmar. Dengan mengunjungi Mae Sai maka kalian akan memiliki kesempatan untuk mampir ke Tachileik Myanmar melalui jalur darat. Myanmar hanya memperbolehkan turis masuk ke negaranya melalui udara. Dan Tachileik ini adalah satu-satunya kota yang bisa dimasuki melalui jalur darat. Dengan mengunjungi Tachileik, kalian akan mengerti bagaimana berbedanya warga Thailand dan Myanmar hidup selama ini.

Sayangnya, waktu itu gue nggak sempat ke Mae Sai. But I still can tell you about how to reach Mae Sai. Caranya gampang banget, kalian tinggal naik Mini Van by Green Bus dengan tujuan Mae Sai, duduk manis dan sampai. Anyway, gue nggak begitu yakin dari Mae Sai ke Tachileik masih harus bayar visa atau nggak. Ayo coba, adakah yang bisa memberitahu gue informasi terbarunya? Hehehe.

Night Bazaar Chiang Rai

Night Bazaar Chiang Rai adalah event harian yang diselenggarakan setiap malam. Night Bazaar Chiang Rai ini diselenggarakan persis di samping Chiang Rai Bus Terminal 1. Yang pasti, Night Bazaar Chiang Rai adalah salah satu tempat favorit gue selama di Chiang Rai. Pasar malamnya memang nggak begitu besar tapi souvenir yang dijual lengkap dan murah-murah. Pilihan menu makanan di food courtnya pun sangat menggugah selera. Kalau kalian menginap di dekat Terminal Bus 1 maka kalian bisa dengan mudah menemukan Night Bazaar Chiang Rai ini. (Baca: Berburu Kuliner di Night Bazaar Chiang Rai)

Clock Tower Chiang Rai

Kalau Jogja punya Tugu Jogja sebagai iconnya. Maka Chiang Rai pun punya Clock Tower. Clock Tower ini berada di pusat kota Chiang Rai. Kalau kalian berada di Chiang Rai, jangan lewatkan untuk berkeliling pusat kota Chiang Rai dengan Tuk-tuk. Selain Clock Tower Chiang Rai, ada juga alun-alun kota Chiang Rai yang bisa kalian kunjungi.
Malam di Clock Tower Chiang Rai
Well, sebenarnya masih ada beberapa tempat wisata lain di Chiang Rai. Ada House of Opium, Doi Tung, dan Long-Neck Karen Hilltribe Village. Gue bakal bahas mengenai House of Opium dan Doi Tung di postingan berikutnya. Tapi untuk Long-Neck Karen Hilltribe Village, gue dan Kak Fanny waktu itu sepakat untuk nggak kesana karena kami nggak setuju kalau manusia dijadikan objek wisata. Jadi Long-Neck Karen Hilltribe Village ini adalah desa yang ditinggali suku Karen. Suku Karen adalah suku “leher panjang”. Kaum wanita di suku Karen ini mengenakan ring di lehernya hingga membuat pundak mereka menjadi turun dan lehernya menjadi panjang. “Daya tarik” dari Long-Neck Karen Hilltribe Village itulah yang membuat gue membatalkan kunjungan ke sana. Manusia bukanlah objek wisata.

12 comments:

  1. White temple ini instagram able banget, di foto dari mana aja kece

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju! White temple juara banget cakepnya!

      Delete
  2. Berfoto di Golden triangle itu seru sekali pastinya, Mbak. Satu spot dengan view 3 negara :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, rasanya bisa ke perbatasan langsung 3 negara itu seru sekali!

      Delete
  3. baru tau ada Golden Triangle itu, keren keren! itu lompat lompat di situ perlu nunjukin paspor gak ya? hahaha... #yakale

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ke golden triangle sih gak perlu paspor. Tapi kalau nyebrang ke Laos dan Myanmar ya harus :D

      Delete
  4. setuju, keluar negeri ga selamanya mahal asal bisa mengelolanya, btw sempet mampir ke perbatasan laos / myanmar ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perbatasan Laos Myanmar? Golden Triangle bukan? Kalau Golden Triangle sih mampir, tapi ke Mae Sainya nggak

      Delete
  5. postingan yang bagus.. helpfull banget :)
    btw kalo ke 3 tempat itu (white temple, golden triangle & mae sai) apa cukup ya sehari aja? lalu jam operasional buat greenbus & songtaew itu sampe jam berapa ya? thanks before...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup kak. Kalau jam operasinya saya kurang tahu kak maaf

      Delete
  6. Akan kesini akhir tahun, Songthaew itu bis ya mbak?

    ReplyDelete
  7. Kalau sewa tuktuk untuk lihat clock tower itu kisaran brp, mb?

    ReplyDelete