CAROLINA, COTTAGE MURAH DI TUK TUK SAMOSIR

11:21 AM Winda Provita 10 Comments

Sewaktu merencanakan perjalanan ke Samosir, ada 2 penginapan yang berhasil menarik hati gue. Yang pertama, Carolina Cottage. Carolina ini adalah penginapan favourite-nya backpacker. Gimana nggak, kalau setiap kali gue blog walking mencari informasi penginapan di Tuk Tuk, pasti Carolina Cottage ini yang gue temukan. Seakan-akan semua orang yang ke Samosir pasti menginapnya di Carolina Cottage. Lalu yang kedua adalah Romlan Tuk Tuk. Gue tertarik untuk menginap di Romlan Tuk Tuk karena budget rooms di Romlan cuma Rp. 50.000 aja per malamnya. Mennn, backpacker mana yang bakal nolak penginapan semurah itu?! Namun pada akhirnya, gue lebih memilih Carolina Cottage.
Carolina Cottage
Ada banyak hal yang mendasari gue untuk memilih Carolina, salah satunya adalah karena gue suka bentuk penginapannya. Carolina mengusung penginapan dengan jenis cottage. Jadi setiap kamar akan berada di bangunan-bangunan yang berbeda. Khusus di Carolina ini, setiap bangunan kamarnya berbentuk seperti Rumah Bolon atau Rumah Adat Sumatera Utara. Setiap bangunan terdiri dari 2 kamar, kamar bagian atas dan kamar bagian bawah. Selain dari bentuk kamarnya, harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Untuk kamar termurah, kamar Economy Hill 1, per malamnya hanya Rp. 100.000 saja.

Gue menginap selama 2 malam di Carolina. Beruntungnya, selama 2 malam itu gue menginap di 2 kamar yang berbeda. Malam pertama gue menginap di Economy Hill 1 dan di malam kedua gue menginap di Economy Hill 2. Perbedaan harga dari kedua kamar itu hanya Rp. 25.000, tapi letak kamarnya sungguh berbeda jauh.
Kamar Economy Hill 2
Kamar Mandi Economy Hill 2
Di malam pertama, gue menginap di kamar No. 1 (Economy Hill 2 Rp. 125.000). Kamar ini terletak nggak jauh dari Restoran Hotel dan tempat parkir. Meskipun harus naik tangga, tapi masih dalam batasan wajar. Gue dapat kamar yang ada di bagian bawah. Kamarnya luas, bersih dan tempat tidurnya pun lebar. Sayangnya, penerangan kamarnya agak remang-remang dan kalau tamu yang ada di kamar bagian atas lagi jalan, suara tapak kakinya kedengaran.
Kamar Economy Hill 1
Kamar Mandi Economy Hill 1
Di malam kedua, gue menginap di kamar No. 7 (Economy Hill 1 Rp. 100.000). Kamar ini terletak paling pucuk. Harus naik tangga yang lumayan bikin ngos-ngosan. Gue mendapat kamar yang bagian atas. Hampir sama seperti kamar sebelumnya, kamarnya juga luas dan bersih tapi tempat tidurnya agak lebih kecil dibanding sebelumnya. Selain itu, penerangan di tangganya nggak begitu terang jadi waktu malam mau turun ke restoran harus extra hati-hati.
Typical tangga ke setiap kamar
Secara keseluruhan, gue suka dengan 2 kamar yang gue tempati. Meskipun di kedua kamar yang gue tempati nggak ada fasilitas TV dan air panasnya, tapi untuk ukuran harga segitu sih worth it lah. Ya, walaupun agak krik krik krik ketika malam datang. Apalagi gue traveling sendirian. Adek kesepian bang.
Resepsionis Carolina
Carolina memiliki restoran yang berada di satu bangunan dengan ruang resepsionis. Restorannya luas dan tertata rapi. Menu makanannya juga banyak dan harganya nggak begitu mahal, ya standar tempat wisata lah. Selama 2 malam menginap di Carolina, gue selalu makan di restorannya. Menu nasi goreng atau mie goreng Rp. 25.000-an saja. Asyiknya nongkrong di restoran adalah ada wifi dan TV-nya. Ada space khusus yang disediakan untuk nonton TV. Untuk rasa masakannya, nasi goreng dan mie gorengnya agak kemanisan sih menurut gue. Gue nggak pernah menghabiskan makanan yang gue order. Gue juga pernah order gurami goreng pun rasanya hambar.
Nasi goreng ala Carolina
Mie goreng ala Carolina
Selain restoran, Carolina juga menyediakan fasilitas penunjang lain. Carolina memiliki taman yang langsung berhadapan dengan Danau Toba. Di taman ini juga disediakan kolam renang alami. Kalau kamu mau merasakan segarnya air Danau Toba, tinggal nyebur aja. Kalau kamu mau main Banana Boat atau Speed Boat, tinggal duduk manis aja di taman ini, nanti bakal banyak yang menawari. Berdasarkan hasil gue menguping, biaya main Banana Boat atau Speed Boanya sih sekitar Rp. 100.000-an.
View dari Taman Carolina
Carolina juga menyediakan penyewaan sepeda dan sepeda motor. Ini penting banget, karena untuk keliling Samosir nggak ada kendaraan umum. Gue sendiri memilih untuk keliling Samosir dengan menyewa sepeda motor di Carolina. Biaya sewanya Rp. 100.000 untuk 8 jam. Anehnya, semakin sebentar menyewanya semakin mahal. Contoh kalau mau sewa 4 jam biayanya malah Rp. 80.000.

Well, kalau kamu berencana untuk ke Samosir dan sedang mencari penginapan di Tuk Tuk, mungkin Carolina bisa kamu pertimbangkan. Carolina memiliki dermaga sendiri, jadi kalau kamu menginap di Carolina, nantinya kapal dari Parapat akan langsung menurunkanmu di dermaga hotel. Untuk reservasi kamarnya pun bisa langsung lewat website Carolina Cottage.
Jadwal Kapal dari dan ke Carolina

10 comments:

  1. Oalaahhhh kamu nginepnya di carolina toh.. hmmm. Aku jg srg bgt dgr tuh cottage win. Tapi.. stlh yg kmrn , mikir dulu yak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, "kemarin" emangnya ada apa kak? #Purapura #nggak #tau

      Delete
  2. bener-bener homey banget, dan viewnya langsung ke danau toba. ada cerita seremnya ga ? hihi

    ReplyDelete
  3. Halo mbaa, salam kenal. Kalau mau ke Aceh, dari penginepan ini naik naik apa ya mba untuk menuju ke terminal bus di Medan? Apa ada semcam taxi kayak dr Kualanamu ke Prapat gitu atau naiknya ketengan, ganti bus??? Terima kasiiih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari Carolina, bisa naik boat dulu ke Parapat kak. Nanti di parapat ada shared taxi untuk ke medan.

      Delete
  4. Terima kasih infonya yaaaa. Sgt membantu! :-)

    ReplyDelete
  5. mba ini harga kamar di carolina nya harga tahun 2016? kok murah banget ya -__-

    ReplyDelete
  6. mba ini harga kamar di carolina nya harga tahun 2016? kok murah banget ya -__-

    ReplyDelete
  7. Boleh shared Room Rate nga mbak,,
    Klw boleh yg terupdate..
    Thx

    ReplyDelete