NGGAK PUNYA KARTU KREDIT? PAKAI CIMB NIAGA AJA!

11:48 AM Winda Provita 30 Comments

Tulisan ini bukan sponsor post. Meskipun gue merujuk ke suatu merk tertentu tapi tulisan ini murni cuma untuk sharing aja. 
Virtual Credit Card
Sudah lama banget gue pengen punya kartu kredit. Terlebih lagi Airasiago, salah satu website favourite gue untuk cari duit cuma menerima pembayaran melalui kartu kredit. Rasanya gondok banget, kalau pas Airasiago promo gila-gilaan, dan gue nggak bisa beli cuma karena gue nggak punya kartu kredit. Untungnya sih, gue dikelilingi orang-orang baik yang mau meminjami gue kartu kredit, tapi mau sampai kapan gue pinjem mulu? Lama kelamaan, mereka pasti bosen juga meminjamkan kartu kreditnya. #Tahudiri

Selain itu, kartu kredit itu juga penting kalau gue lagi pengen beli tiket Air Asia. Selama tiketnya berasal dari Indonesia, gue bisa transaksi pakai internet banking. Tapi kalau pas gue mau beli tiket dari luar Indonesia, yang mana curency-nya berbeda, mau nggak mau gue butuh kartu kredit untuk melakukan pembelian tiketnya. Jadi secara nggak langsung, as a backpacker, gue sangat butuh kartu kredit!

Sayangnya, apalah gue ini. Kerjaan nggak jelas, gaji juga nggak seberapa. Boro-boro mau coba apply kartu kredit, belum apply aja, gue sudah sangat yakin kalau nantinya pasti ditolak. Gue nggak pede boo! Gue takut ditolak. Gue takut patah hati. Gue takut nanti gantung diri. #Halah

Karena apply kartu kredit sangat tidak dimungkinkan untuk keadaan gue yang “sederhana” ini. Gue pun coba mencari alternatif lain. Usut punya usut, ternyata ada fasilitas perbankan baru yang bernama VCC alias Virtual Credit Card. Dengan VCC, kita bisa melakukan transaksi di online merchant layaknya sedang menggunakan kartu kredit. Sejauh pengamatan gue, ada 3 bank di Indonesia yang memiliki fasilitas VCC ini. Ada Bank Mandiri, BNI dan yang ketiga adalah Bank CIMB Niaga.

Lalu kenapa gue lebih memilih menggunakan CIMB Niaga dibanding Mandiri dan BNI?

Alasan pertama adalah CIMB Niaga itu backpacker friendly. As a backpacker, gue butuh tabungan yang bisa menghemat pengeluaran gue. Lah? Maksudnya? Jadi gini, yang namanya nabung di Bank kan biasanya ada biaya administrasi bulanan toh? Belum lagi saldo mengendap. Apalagi kalau saldo mengendapnya sampai Rp. 100.000. Duh, nggak ikhlas banget rasanya. Nabungnya jarang, eh duit di Bank malah terkuras. Mau untung, kok malah buntung.
Jangan lupa daftar Octopay
So, setelah membandingkan ketiga Bank itu, gue pun jatuh hati dengan CIMB Niaga. Terlebih lagi untuk jenis tabungannya yang TabunganKu. TabunganKu ini adalah salah satu program pemerintah untuk menumbuhkan budaya menabung di Bank. Seluruh Bank di Indonesia memiliki jenis tabungan ini. Namun TabunganKu CIMB Niaga inilah yang fasilitasnya paling komplit. TabunganKu CIMB Niaga ini bebas biaya administrasi bulanan, bebas biaya kartu ATM, dan bebas biaya di bawah saldo minimum. Saldo mengendap ketika pembukaan rekening baru cuma Rp. 20.000. Selain itu, TabunganKu CIMB Niaga ini juga sudah dilengkapi dengan internet banking, CIMB Clicks. See? Saldo mengendap cuma Rp. 20.000, nggak ada biaya bulanan, bisa transaksi online pakai CIMB Clicks, nikmat perbankan mana lagi yang kamu dustakan? (Jamaah oh jamaah).

Alasan kedua adalah TabunganKu CIMB Niaga mendukung Virtual Credit Card. Fasilitas yang sangat gue butuhkan! Virtual Credit Card CIMB Niaga ini diaksesnya melalui facebook loh. Jadi gini, begitu selesai buka rekening TabunganKu CIMB Niaga, gue tinggal buka facebook dan search OctoPay by CIMB Niaga Indonesia. Begitu halamannya terbuka, gue tinggal daftar dan mengisi kolom sesuai dengan data yang dibutuhkan. Selesai! Mudah sekali! Sekarang gue sudah bisa melakukan transaksi di online merchant yang cuma bisa menerima pembayaran dengan kartu kredit aja. Wohooo! Senangnya!
Cuma bisa bayar pakai Kartu Kredit
Nah sekarang, gue bakal berbagi pengalaman pertama gue menggunakan Virtual Credit Card CIMB Niaga. Masih fresh from di oven. Beberapa hari yang lalu gue baru aja beli tiket Air Asia dari Kuala Lumpur ke Ho Chi Minh City. Seperti yang gue bilang sebelumnya, kalau beli tiket dari luar Indonesia maka pembayarannya cuma bisa dilakukan dengan kartu kredit. Jadi pas di halaman pembayaran, gue pun memilih opsi pembayaran kartu kredit. Sebelum gue melakukan pembayaran, gue pun harus mendaftarkan Virtual Credit Card dulu di OctoPay by CIMB Niaga Indonesia. Yang paling penting sebelum mendaftarkan VCC adalah pastikan kalau punya pulsa dan pastikan punya uang di tabungan CIMB Niaga karena nantinya sumber dana yang digunakan adalah berasal dari tabungan. Lalu caranya gimana?

1. Log in ke OctoPay by CIMB Niaga Indonesia. Masukkan User ID dan Pasword.
2. Begitu masuk, pilih main menu dan pilih transactions.
3. Setelah itu pilih Purchase and Reloads lalu pilih Virtual Mastercard
4. Isi amount sesuai kebutuhan lalu klik submit.
Tampilan Octopay
5. Setelah itu klik request pascode. Masukkan pascode sesuai sms yang masuk ke handphone.
6. Klik submit dan selesai. Virtual Credit Card sudah siap digunakan.
7. Kembali ke halaman pembayaran Air Asia, lalu isi data sesuai dengan Virtual Credit Card yang tertera. Kode CVC2 dikirim melalui sms jadi CVC2 diisi sesuai dengan sms yang masuk ke handphone. Done! 
Dapet harga promo ke Ho Chi Minh City berkat CIMB Niaga. Yeiy!
Jadi gimana? Gampang kan pakai VCC untuk transaksi online? VCC ini untuk sekali pakai aja, jadi sistemnya kayak voucher pulsa. Kalau udah dipakai ya harus mendaftarkan VCC baru lagi. Masa berlakunya juga cuma 24 jam saja untuk setiap VCC yang didaftarkan. Jadi nggak perlu takut kebobolan kayak kartu kredit pada umumnya.

Akhir kata, masih jaman bilang nggak punya kartu kredit? Kan ada CIMB Niaga!

30 comments:

  1. Aq juga minat ini. Biaa ulas yg BNI krn aq nasabahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu mau buka rekening BNI karena naksir VCC-nya BNI eh tapi karena jenis tabungan yang support VCC cuma jenis tabungan yang standara (tabunganKu nggak bisa) jadi males. Males biaya administrasi bulanannya hehehe

      Delete
    2. saya pake BNI Syariah yg versi Wadiah (tanpa potongan biaya admin per bulan dan saldo ngendap bisa sampe 10rb) bisa kok pake VCC nya. Hanya share pengalaman, bukan promo ya..

      Delete
    3. Wah ada yang lebih murah ternyata. Kalau tahu bukayg BNI Syariah aja ya hehehe kirain VCC cm bisa untuk BNI yang biasa

      Delete
  2. Serius keren nih produknya. Btw win, fee booking process nya sama mahal kyk cc biasa ga? Pas ngebooking itu loh.. ato lbh murah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak feenya, kan hitungannya sama kayak kartu kredit. Cuma kalau transaksi di Air Asia bisa pakai CIMB Clicks kalau based penerbangannya dari Indonesia. Kemarin aku kena 8 RM fee-nya kalau nggak salah, pas beli KL ke HCMC.

      Delete
  3. wahh.. sepertinya oke..
    tapi harus buka tabungan dulu di CIMB ya?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Buka tabungannya mudah kok. Setoran awal juga cuma 50rb kalau nggak salah. Nanti yang 20rb mengendap

      Delete
  4. itu ntik sms yg masuk buat verivikasi kode ke nomer yg kita daftarin di cimb clicks kan ya?
    bukan yg go mobile.
    soalnya nomer hp ku beda e,
    lupa ganti yg cimb clicks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yg cimb clicks. Entar pas daftar akun di octopay masukin no hp lagi kok

      Delete
  5. Ini beneran nice info, kebetulan gw punya CIMB Niaga juga, tapi punya CC nya juga sih haha..

    Eh itu yang pas reload amount VCC nya, maksud nya kan di gambar nya tertulis 1jt IDR, itu maksud nya duit di tabungan CIMB kita di debit sementara ke kartu kredit ya?

    Andai ini VCC engga kena proc fee kaya CIMB Big AirAsia, pasti lebih mantap lagi haha :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak. Uang terdebet kalau sudah ada transaksi, sesuai nominal transasksinya. Kalau cuma bikin VCC tapi nggak jadi transaksi ya uang nggak kedebet. Dan kalau masukin 1 juta di VCC tapi cuma pakai 500rb ya yg kedebet juga cuma 500rb

      Delete
  6. ihh gilee aku baru tau loh ada virtual CC di Niaga hihihih thank you Winda, aku juga emang suka bgt sama Niaga sih, selama ini emang ga punya tabungan di Niaga, tapi CC pertama yang aku punya dan ga pake ribet itu yaa niaga hahahah untuk Mastercardnya ga ada annual fee, plus ga perlu pake lapor2 segala kalo mau pake transaksi di luar negri, nanti kalo tiba-tiba ada pemakaian dari luar Fraud controlnya bakalan langsung email untuk konfirmasi transaksi jadi berasa amaaaan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh enaknya yang punya CC. Aku mah pakai Virtual CCnya aja udah seneng banget. hehehe yang penting bisa transaksi tanpa terkendala pinjem CC sana sini lagi :D

      Delete
  7. Tapi apakah kalau transaksi Air Asia jg bisa pakai VCC selain dari Niaga? wah menarik jg kalau pakai VCC BNI Syariah hehehe

    ReplyDelete
  8. Kak, misalkan kita isi vcc 1jt, tapi kepakai cuman 500rb. Nah kan sisa 500rb tuh di vcc. Sedangkan katanya cuman bisa berlaku 24jam. Nah, nanti sisa 500rb yg ada di vcc itu bakal hangus atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uang baru terdebet ketika transaksi dilakukan. Jadi kalau km isi VCC 1 juta dan cuma pakai 500rb ya nanti yg terdebet cuma 500rb sesuai transaksi. Jadi kalau km mau bikin VCC 10 buah nominal 1 jutaan tapi gak km pakai untuk transaksi ya gak masalah, uang gak akan terpotong, gak ada kata hangus :D

      Delete
  9. Oh jadi tabungan layak nya CC yaaa, bisa buat transaksi ke merchant yg hanya terima cc #KEREN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk traveler yang bener bener gembel macam saya, ini memang beneran keren kak. Jawaban atas doa traveler yang nggak bakal bisa lolos bikin CC meski mencoba hahaha

      Delete
  10. Untuk biaya sms nya berapa saat pengiriman passcode nya mbak Winda ?
    Trus masa aktif VCC nya mwh bisa d pake sbelum 24 ?
    atau pas udah daftar di pake udah hrus daftar lgi ?





    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, saya nggak pernah ngecek. Kalau nggak salah sekitar 500 rupiahan deh. CCnya sekali pakai aja kak dan berlaku selama 24 jam. Tapi kalau udah dipakai ya harus daftar lagi

      Delete
  11. Ini out of topic nih maaf yaa. Kan kita bisa beliin org juga kan di website air asia. Nah kalau metode pembayaran seperti itu bisa gak kita booking dulu, bayar belakangan? Jadi statusnya need payment. Ya ceritanya kita kayak nungguin org itu bayar dulu ke kita. Soalnya aku buka jasa beli beliin tiket ke orang. Begituu. Thank youu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau yg need payment gitu harus punya akun agent sprtinya. dulu saya smpt krja di travel agent mmg ada akun, dan bs untuk book pesanan. kalau beli online via web, sprtinya cuma jeda wktu sktr 2 jam

      Delete
    2. Betul sekali. Kalau pakai ini ngak bis need payment, jadi pembayaran langsung diproses saat pemesanan.

      Delete
  12. halo, utk currency nya itu sesuai currency rekening kita ya? walaupun harga tiket dgn mata uang yg berbeda nanti akan convert otomatis? udh pernah coba vcc di website lain blm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab yang menurut saya ya hehehe
      masalah currency nnti ngikutin currency nya CIMB kak. kalo dari pengalaman saya sih rate nya CIMB termasuk bagus kalo masih di ASEAN.
      Pernah ke Singapore sama Malaysia nemu banyak ATM CIMB kok, jadi bisa ambil duit tanpa kena potongan, ratenya juga bagus.
      Katanya sih di Thailand juga banyak ATM CIMB

      Delete
    2. Bener banget tuh, kalo saya pilih CIMB Niaga karena tarik tunai di Asean (malaysia, Singapura, thailand, Laos) gratis dan ratenya kadang dibawah money changer. Dan tanpa fee. Udah pernah coba tiga kali ke thailand dan malaysia. Hmm keren lah CIMB ini. FYI di bandara KLIA2 ada atm CIMB dengan 10 mata uang loh.

      Delete
  13. UPDATE.. sekarang kalo mau request VCC udah gak lewat Octopay. tapi Lansung di CIMB click.

    ReplyDelete
  14. caranya via cimb click gimana kak?

    ReplyDelete