OBYEK WISATA YANG HARUS DIKUNJUNGI BILA BERLIBUR KE JAMBI

9:25 AM Winda Provita 2 Comments

Kota Jambi adalah ibu kota dari Provinsi Jambi. Kota ini adalah satu dari tiga kota di Indonesia yang ibu kotanya bernama sama dengan nama provinsinya. Kota Jambi terletak di pesisir timur, bagian tengah Pulau Sumatera. Kota ini memiliki pemandangan yang indah dan berbagai tempat wisata yang dapat Anda kunjungi, diantaranya :
Taman Mini dan Taman Rimba Jambi
Di Jambi terdapat sebuah tempat wisata terpadu seluas 18 hektar yang menawarkan sarana olahraga dengan adanya stadion di dalamnya, taman rekreasi serta wisata budaya. Lokasinya berada di Jalan Sunaryo dan jaraknya hanya sekitar 500 meter dari Bandara Sultan Thaha Syaifuddin, Jambi. Tempat wisata terpadu ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Taman Mini dan Taman Rimba.
Taman Mini Jambi      
Taman Mini ini merupakan tempat wisata di Jambi yang menghadirkan miniature budaya Provinsi Jambi dan setiap kabupaten di Jambi. Konsepnya hampir sama dengan Taman Mini Indonesia yang ada di Kota Jakarta.
Taman Rimba Jambi
Taman Rimba adalah kebun binatang kebanggaan warga Jambi. Di sini, Anda bisa melihat beragam spesies binatang. Hal yang menarik, terdapat sangkar burung berbentuk setengah lingkaran kaca raksasa yang berisi beraneka jenis burung mulai dari burung bangau sampai burung kasuari.
Danau Gunung Tujuh
Danau Gunung Tujuh ini memiliki luas 960 ha dengan panjang sekitar 4,5 dan lebar 3 km. Danau ini terletak di Desa Pelompek Kecamatan Kayu Aro dengan jarak ± 56 km dari Sungai Penuh. Sesuai dengan namanya, Danau Gunung Tujuh dikelilingi oleh 7 buah gunung yang menjulang tinggi.
Karena danau ini terdapat di atas gunung sehingga menjadi salah satu danau tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Jika Anda ingin menikmati keindahan dan kesejukkan udara alam dari danau ini, Anda harus berjalan kaki melewati jalan setapak selama kurang lebih 2-3 jam.
Sumber gambar: wordpress.com
Danau Kerinci
Danau Kerinci merupakan danau vulkanik terbesar di Jambi. Danau ini membentang di kaki Gunung Raja, Kabupaten Kerinci, Jambi. Persisnya pada ketinggian 783 meter di atas permukaan laut dan luasnya mencapai 4.200 ha.
Danau Kerinci juga merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera. Anda dapat mengelilinginya dengan berjalan mencapai 70 km. Disini Anda bisa menikmati pemandangan sekitar danau yang indah dengan latar pegunungan yang berbaris.
Anda juga dapat menikmati beragam wisata air dan jajanan kuliner. Beberapa menu kuliner yang ditawarkan antara lain beraspayo, gulai ikan semah, dendeng beteko, lemang, jeruk pelompek, tojin, dan teh kayu aro.
Danau Sipin
Danau Sipin berada di Simpang Baluran Kenali, Kecamatan Telanaipura dan dikenal dengan Solok Sipin oleh warga setempat. Kata ‘solok’ dalam bahasa setempat berarti danau.
Selain berkunjung menikmati danau ini, Anda juga dapat melihat cara budidaya ikan air tawar seperti ikan mujair dan nila. Di tengah danau, Anda bisa melihat banyak keramba dan jala milik nelayan. Jika ingin melihat aktifitas nelayan dari dekat, Anda bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau. Perahu tersebut bisa menampung 3 – 4 orang dengan biaya sewa Rp5.000,- per orang.
Setelah berkeliling, jika Anda merasa lapar. Di sekitar danau terdapat deretan warung makan yang menyediakan ikan hasil tangkapan baru nelayan setempat. Ikan yang dimasak dijamin segar.
Air Terjun Segerincing
Air terjun setinggi 62 meter dengan lebar pancuran sekitar 3 meter ini terletak di Kabupaten Sarolangun, Jambi. Lebih tepatnya di Desa Tuo, Kecamatan Muara Siau. Di sini Anda dapat menikmati pemandangan sekitar air terjun yang masih hijau dan asri dengan dikelilingi pepohonan.
Hulu Air Terjun Segerincing berada di Gunung Masurai. Aliran yang jatuh dari air terjun sangat sejuk dan cocok untuk relaksasi serta mengembalikan kesegaran tubuh Anda. Momen Libur Lebaran dan akhir pecan biasa dipakai warga sekitar untuk mandi di air terjun ini.
Sumber gambar: blogspot.com
Taman Nasional Kerinci Seblat
Taman Nasional Kerinci Seblat terletak di kawasan yang sama seperti Gunung Kerinci dan Danau Kerinci. Taman ini telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman Nasional Kerinci Seblat hampir mirip dengan Kebun Raya Bogor. Hal yang membedakan adalah pesona Gunung dan Danau Kerinci yang semakin menambah kesan asri.
Di Taman Nasional Kerinci Seblat ini anda bisa mendapatkan dua hiburan sekaligus yaitu flora yang terdiri dari berbagai macam koleksi bunga dan pohon serta fauna yang terdiri dari beberapa hewan khas Sumatra seperti Harimau Sumatra yang spesiesnya sudah hampir punah.
Gunung Masurai
Gunung Masurai terletak di Kecamatan Jangkat – 96 kilometer dari Kota Bangko dan memiliki tinggi 2.720 meter di atas permukaan laut.
Jika ingin mendaki gunung ini, Anda dapat mulai mendaki dari Dusun Sungai Lalang yang daerahnya merupakan kaki Masurai. Di atas puncak gunung, Anda akan berjumpa dengan dua danau kecil yaitu Danau Kumbang dan Danau Mabok. Di kejauhan juga terlihat Gunung Sumbing, Gunung Kerinci, serta kebun-kebun milik warga. Pemandangan yang sangat indah.
Itulah 7 Tempat wisata di Jambi yang sangat disayangkan kalau Anda lewati. Keindahan serta panorama alam yang dipancarkan oleh beberapa objek wisata tersebut dapat menjadi referensi Anda menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.
Jika Anda dating ke Jambi dan ingin mencari penginapan untuk dijadikan tempat beristirahat, Anda tidak perlu khawatir karena akan banyak tempat bermalam di Jambi dan dekat dengan beberapa tempat wisata di atas yang bisa Anda sewa.

2 comments:

  1. Kalau saya paling pengen ke Taman Nasional Kerincinya, soalnya kalo gak salah Leonardo di Caprio aja pernah kesana kan?

    ReplyDelete