RENTAL MOTOR DI SABANG

2:38 PM Winda Provita 19 Comments

Masih ingat kan kalau beberapa minggu lalu gue baru jalan-jalan ke Sumatera?

Selain ke Danau Toba, gue juga ke Sabang untuk mengunjungi Titik 0 KM Indonesia. Dari sekian banyak informasi yang gue kumpulkan untuk persiapan perjalanan, informasi mengenai rental motor di Sabang adalah salah satu informasi yang cukup sulit gue dapatkan. Gue sudah coba browsing, tapi hasilnya nihil. Nggak ada satupun blog yang mengulas tentang rental motor di Sabang.
Sorry, gue lupa motret sepeda motor yang gue sewa
Dikarenakan google tidak memberikan informasi yang gue butuhkan, gue pun mencoba bergabung ke grup facebooknya Aceh Backpacker. Gue berharap dengan bertanya di sana maka gue bisa mendapat informasi mengenai rental motor di Sabang. Namun sayangnya, nihil juga. Nggak ada informasi pasti dimana gue bisa menyewa sepeda motor di Sabang. Satu-satunya informasi yang gue dapet hanya, gue diminta untuk menghubungi salah satu pendiri grup itu, dan nantinya dia akan membantu gue mencarikan motor selama di Sabang. Gue pun langsung menghubungi orang yang dimaksud. Gue memperkenalkan diri dan langsung menanyakan dimana gue bisa menyewa sepeda motor di Sabang. Sayangnya, orang itu tidak langsung memberikan informasi yang gue butuhkan. Dia malah memberi gue no whatsappnya dan meminta gue memberitahunya kalau nanti gue sudah di Pelabuhan Ulee Lheu. Hmm, gue jadi bingung. “Kenapa nggak langsung ngasih no handphone orang yang menyewakan motor?”. “Kenapa harus lewat dia?”.

Dikarenakan gue nggak mau ambil pusing, gue pun mulai whatsapp orang tersebut di perjalanan menuju Banda Aceh. Gue kembali bertanya tentang rental motor, tapi dia kembali meminta gue untuk memberitahunya kalau besok sudah mau menyeberang ke Sabang. Dia bilang nanti orang yang menyewakan motor akan menemui gue di Pelabuhan Balohan. Jadi intinya, gue terima beres aja. Tapi masalahnya, ini bukan gaya gue. Gue nggak biasa menyewa sepeda motor lewat orang ketiga. Bukannya berfikir negatif, toh orang ini memang bisa dipercaya karena sepertinya banyak menemani tamu yang ke Sabang. Gue cuma nggak mau merepotkan. Gue ingin menyewa sepeda motor ke orang yang menyewakan secara langsung. Tapi sepertinya, kali ini gue nggak bisa melakukannya. Gue pun langsung menanyakan berapa harga sewa sepeda motornya untuk 1 hari. Dia pun membalas bahwa biaya sewanya adalah Rp. 120.000 untuk 24 jamnya.

“Hmm.. Mahal juga ya Rp. 120.000”, pikir gue waktu itu.

Dikarenakan gue jalan-jalan dengan budget terbatas. Gue pun makin ragu untuk menyewa sepeda motor lewat orang itu. Gue pikir, mungkin gue akan dapat harga yang lebih murah kalau gue bisa menyewa sepeda motor langsung ke orang yang menyewakan. Gue pun menggantung tawaran orang itu. Dia bilang, hubungi dia kalau mau menyeberang ke Sabang. Dan hari itu, gue memutuskan untuk nggak menghubunginya dulu. Gue mau coba mencari rental motor sendiri ketika sudah sampai di Pelabuhan Balohan. Meskipun gue nggak tahu apakah ada rental motor di Pelabuhan Balohan atau nggak. Ataupun kalau seumpama ada dan ternyata harga sewanya lebih mahal. But hey, paling nggak gue sudah mencoba. 

Sesampainya di Sabang, ternyata sudah banyak banget orang berkerumun di pintu keluar kapal yang gue naiki. Salah satu orang mendekati gue dan menawari gue sepeda motor yang dia sewakan. “Wow, pucuk di Cinta Rangga pun tiba”, gue pun langsung sumringah dan menanyakan berapa biaya sewa sepeda motornya. Abang itu menjawab, “Rp. 100.000 saja!” Wuhuyyy! Gue seneng banget! Gue langsung semangat meskipun beberapa menit lalu gue baru muntah-muntah di dalam kapal.

Gue langsung mengikuti abang itu ke arah parkiran. Dia menunjukkan sepeda motor yang dia sewakan dan meminta KTP gue sebagai jaminan. Dia juga memberikan no handphonenya apabila besok gue akan mengembalikan sepeda motor. Dia menjelaskan rute untuk menuju ke pusat kota karena saat itu stok petanya sedang habis. Gue pun langsung mengendarai motor itu untuk berkeliling Sabang.

Jadi sekarang, adakah diantara kalian yang sedang berencana ke Sabang?

Adakah yang sedang membutuhkan informasi tentang rental motor di Sabang?

Kalau jawaban iya, maka here we go.

Silahkan di save no handphone abangnya, 0852 7747 3932. Silahkan menyewa sepeda motor ke abangnya secara langsung. Dia punya banyak stok sepeda motor dan dia selalu stand by di Pelabuhan Balohan. Sekedar tips, kalau mau menyewa sepeda motor sebaiknya langsung telpon karena gue pernah sms si abang, nggak dibales. Hehehehe.

Anyway, jangan tanya nama abangnya siapa ya. Gue lupa namanya. Gue punya kebiasaan gampang lupa nama orang yang baru gue kenal. So, kalau ada diantara kalian yang ke Sabang dan menyewa sepeda motor si abang. Tolong nanti gue dikasih tahu nama abangnya siapa ya, biar bisa gue tulis di sini. Terimakasih.

19 comments:

  1. Ihhhh di sana mahal yaa. Di bali aja dr jaman aku ksana thn 2009 ampe skr sewa motor ttp cm 50rb 😂 .. di aceh 2x lipatnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang di Bali udah naik loh kak. Udah nggak ada yang 50rb :(

      Delete
    2. Dsabang doank y 100 rb klu d banda aceh 50-70rb aja d pelabuhan ulele ada , just info :)

      Delete
  2. lumayan nih sewa motor di sabang jd ga harus nunggu2 angkot lg :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak pernah lihat ada angkot di sabang uiy saya

      Delete
  3. Saya tanggal 30 september ke sabang. Makasih infonya mbak.

    ReplyDelete
  4. saya dulu rental motor di Hotel Holiday :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau rental di hotel, ribet dari pelabuhan ke hotelnya. nah kalau ini sudah langsung di pelabuhan, jadi memudahkan ke kota dari pelabuhan hehehe

      Delete
  5. Wah bermanfaat sekali.. ada info penginapan murah ga mba? Kebetulan mau backpack dr Medan :)

    ReplyDelete
  6. Wah bermanfaat sekali.. ada info penginapan murah ga mba? Kebetulan mau backpack dr Medan :)

    ReplyDelete
  7. Kak kalau di sabang rambu lalu lintas ketat ga kak?. Tanpa sim apakah aman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jwb, dsabang g pake helm jg gpapa, lampu merah/trafic light Cuma unt hati2 aja ( kuning doank) sesuai nama sabang ( santai bangeet)!

      Delete
  8. kak boleh dong catatan perjalanannya selama di sabang :))

    ReplyDelete
  9. Thanks banget ya info nya. Jadi buruan pengen kesana

    ReplyDelete
  10. halo mba, ini saya Dolah yg sewakan motor waktu itu.. silakan kunjungi blog saya & kontak apabila ada yg ingin cari penginapan

    http://balohanrental.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  11. Tkx infonya ya... tadi malam kami nyampe dan langsung tlp... tapi sayang mehong banget di buat si abg item itu 😄😄 padahal sewa 4 motor... 1 motor 150rb...mu gkin karna momen lebaran ye...

    ReplyDelete