RENTAL BUS PARIWISATA DI KUALA LUMPUR

1:23 PM Winda Provita 17 Comments

Beberapa bulan terakhir ini, gue disibukkan dengan persiapan Tur ke Kuala Lumpur. Gue berkesempatan untuk menemani acara Outing Kantor salah satu Bank di Solo. Kalau sebelumnya, gue share tentang bagaimana cara membuat paspor untuk 20 orang. Maka kali ini gue akan share mengenai Rental Bus yang gue pakai selama di Kuala Lumpur.
Menemukan Rental Bus Pariwisata di Kuala Lumpur tidaklah mudah. Gue beberapa kali browsing tapi hasilnya tidak begitu memuaskan. Nggak ada satupun blog yang menuliskan pengalamannya menyewa bus pariwisata di Kuala Lumpur. Ada sih beberapa tulisan yang berisi tentang Rental Bus, tapi tulisan itu bukan bentuk dari rekomendasi orang lain melainkan bentuk promosi dari Penyedia Rental itu sendiri. Dan dikarenakan memang hanya itu informasi yang gue punya, maka gue pun coba menghubungi Penyedia Rental Bus itu.
Bus Pariwisata yang gue gunakan selama Tur di Kuala Lumpur
Rental Bus 1
Let me call it Rental Bus 1 ya, pengen sih menyebutkan namanya secara gamblang di sini tapi takut nanti dikira menjelek-jelekkan. Hehehe. So, silahkan menerka-nerka.
Ada beberapa nomor customer services yang dicantumkan di laman websitenya. Gue save semua nomornya dan coba menanyakan berapa biaya sewa bus per harinya. Responnya lama. Gue whatsapp siang, malam baru balas. Itupun balasannya ambigu, ndak ada kepastian harga yang diberikan. Jawaban customer services baru kira-kira. “Kira-kira 1500 RM lah per harinya”. Loh, Rental Bus kok ndak punya perhitungan pasti biaya sewanya. Aneh!
Walaupun mulai ragu, gue pun coba membuat itinerary secara garis besar untuk perharinya. Semoga dengan itinerary ini, CS Rental Bus 1 dapat memberikan harga yang pasti. “Hari pertama jemput KLIA 2 lalu Putra Jaya Tour lalu ke Hotel di Bukit Bintang, Hari kedua Istana Negara, Batu Caves, Colmar Tropicale, dan Petaling Street, Hari Ketiga KL City Tour dan antar ke KLIA 2”. Nggak lama kemudian CS Rental Bus 1 pun memberikan harga untuk setiap harinya dengan garis bawah bahwa harga yang diberikan belum termasuk biaya untuk Tour Guide sebesar 250 RM per harinya. Dia menjelaskan bahwa peraturan Pemerintah Malaysia mewajibkan bahwa setiap penggunaan Bus Pariwisata harus didampingi oleh Guide lokal yang berlisensi. Well, baiklah.
Setelah mendapatkan harga, gue pun coba browsing lagi tentang Rental Bus 1 ini. Gue ingin memastikan apakah Rental Bus 1 ini memang bagus atau tidak pelayanannya. Gue memasukkan keyword nama Rental Busnya dan tadaa, gue menemukan tulisan di salah satu blog mengenai pengalamannya menyewa Van di Rental Bus 1 ini. Dari apa yang gue baca, penulis mengatakan bahwa dia kecewa dengan pelayanan Rental Bus 1 ini. Dia diminta membayar biaya sewa lebih tinggi dari biaya yang sudah disepakati di awal. CS Rental Bus 1 beralasan bahwa mereka salah menginformasikan harga di awal. Duh, kok serem.
Dan benar sekali, keesokan harinya, CS Rental Bus 1 ini tiba-tiba whatsapp gue dan memberitahukan bahwa dia salah menginformasikan harga. CS Rental Bus 1 ini kemudian memberikan harga baru yang jelas lebih tinggi dibandingkan harga yang diberikan sebelumnya. Lah, ternyata bener. Rental Bus 1 ini tidak kompeten. Pelayanan lambat dan kesalahan dalam memberikan harga adalah alasan yang cukup untuk membuat gue nggak mau menyewa Bus di Rental Bus ini. Iya kalau setelah ini harga nya nggak dirubah lagi kalau dirubah pas hari H kayak pengalamannya yang sewa Van. Duh, malesin banget!
Rental Bus 2
Gue kembali mencari informasi mengenai Rental Bus Pariwisata di Malaysia. Kali ini gue tambahkan Kaskus di keyword nya dan gue pun menemukan Penyedia Rental Bus di salah satu laman Kaskus.
Setelah membaca beberapa persyaratan yang diberikan untuk penyewaaan Bus, gue pun langsung menghubungi nomor yang tercantum di laman Kaskus. Gue memberikan itinerary gue dan menanyakan berapa biaya sewa Bus per harinya. Responnya cepat, nggak lama kemudian Rental Bus 2 membalas pesan gue dengan mencantumkan biaya sewa untuk perharinya. Dia juga menambahkan bahwa biaya sewa busnya belum termasuk biaya Tour Guide per harinya. Oke baiklah.
Gue buka kembali laman Kaskus nya dan membaca beberapa testimoni yang ada di sana. Sepertinya Rental Bus 2 ini memang bagus. Banyak testimoni bersliweran di laman Kaskusnya. Biaya sewanya juga lebih rendah dari Rental Bus 1. Gue coba baca persyaratan untuk menyewa bus, dan tertulis di sana bahwa penyewa diharuskan membayar DP sebesar 50%. Hmm, membayar uang muka adalah hal yang paling gue takuti sebenarnya. Kalau berdasarkan testimoni sih Rental Bus 2 ini bisa dipercaya tapi kalau harus bayar uang muka dulu kok ya ragu. Jumlahnya lumayan besar soalnya. Dan jujur, gue nggak berani gambling.
Rental Bus Pariwisata Bu Herna
The yellow one is Mr. Khairi aka Mr. Ok, Tour Guide selama di Kuala Lumpur
Gue masih terus mencari informasi tentang Rental Bus di Kuala Lumpur. Gue berharap ada Rental Bus yang nggak perlu pakai DP. Gue sudah browsing dengan berbagai macam keyword tapi sayang hasilnya nihil. Nggak ada lagi informasi mengenai Rental Bus Pariwisata di Kuala Lumpur. Nggak menyerah, gue pun mencoba bertanya di Grup Backpacker Dunia yang ada di fb. Gue berharap semoga ada beberapa member Backpacker Dunia yang bisa bantu gue. Nggak selang beberapa lama, ada salah satu member Backpacker Dunia yang merespon pertanyaan gue di grup. Dia menuliskan bahwa dia pernah Rental Bus di Bu Herna, harga sewanya murah dan Bu Herna fast response banget. Yang terpenting, Rental Bus di Bu Herna nggak perlu pakai DP. WOW! Gue pun langsung menghubungi Bu Herna melalui Whatsapp. Gue memberikan itinerary gue dan menanyakan berapa biaya sewa untuk setiap harinya. And you know what? Biaya sewa bus di Bu Herna lebih rendah hampir 2000 RM dibanding Rental Bus 2. Ya ampun! Murahnya kebangetan. Di Rental Bus 2, harga belum termasuk biaya Tour Guide, di Bu Herna harga sudah termasuk biaya Tour Guide! Di Rental Bus 2 harus DP 50%, di Bu Herna nggak perlu DP! Gue excited banget! Gue menyewa Bus dengan kapasitas 40 orang selama 3 hari dengan biaya hanya 3300 RM dan itu sudah termasuk biaya Tour Guide sebesar 250 RM per harinya. Lo tahu betapa murahnya itu? Murah banget! Selain biaya sewa yang murah, Bu Herna juga sangat sabar handle gue yang agak ribet ini. Gue beberapa kali ganti itinerary dan Bu Herna oke oke aja dengan itu. Kata beliau, pokoknya kalau telat dari waktu yang sudah disepakati maka akan kena charge 150 RM per jamnya. Done. So simple! Bu Herna sangat sangat gue rekomendasikan untuk siapapun kalian yang berencana mau ke Kuala Lumpur secara rombongan! Mau sewa Van atau Bus Pariwisata di Kuala Lumpur? Sudah, nggak usah pusing-pusing langsung aja hubungi Bu Herna. Trust me Bu Herna akan memberikan harga terbaiknya ke lo semua!
Anyway, kalau lo sewa Bus Pariwisata di Bu Herna, jangan lupa untuk minta Mr. Khairi untuk jadi Tour Guidenya. Kenapa? Karena Mr. Khairi adalah Tour Guide yang sangat super sekali pelayanannya. Mr. Khairi sangat flexible dan tahu cara handle group tour dengan baik. Gue sangat dibantu dengan kehadiran Mr. Khairi selama 3 hari di Kuala Lumpur. Bisa dibilang, gue malah nggak ngapa-ngapain, semuanya Mr. Khairi yang mengerjakan. Time management nya bagus banget! Semua destinasi yang gue rencanakan bisa kami datangi semuanya. Semua berkat Mr. Khairi. I owe you Sir! 

Rental Van dan Bus di Kuala Lumpur Bu Herna
Kontak +60 16 322 1869 (Whatsapp)

17 comments:

  1. Langsung aku save no nya, buat kalo ke KL rame2 nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas cum langsung kontak Bu Herna aja kalau butuh van atau bus pariwisata di KL

      Delete
    2. Apakah bu herna juga menyewakan Van yang kecil? Seperti 8 seater, 10, 14,dsb?

      Saya lagi nyari sewa van untuk bawa 17 orang. Kalau bus gede kan pasti mahal. Terimakasih.

      Delete
  2. Gilaaaa keren win.. ^o^. Ga kebayang pusingnya bawa org sebanyak itu soalnya. Aku aja yg srg diminta utk bikin planning tiap kali kantorku outing tahunan ogah.. soalnya tau banget nyatuin banyak kepala susahnya bikin pusing.. beda kalo traveling sendiri.. :) ..

    Stdaknya skr udh tau nih kalo mw sewa bus di malaysia hrs kemana ;).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anyway aku bakal nulis tentang rasa kapokku jadi tour leader loh kak hahaha sebaik apapun trip berlangsung tetap aja nggak bisa muasin semua peserta hahaha

      Delete
  3. Thanks mba Winda, help me alot. Padahal saya anggota bd juga lol.

    ReplyDelete
  4. halo mba Winda,
    aq pengen tanya2 ttg sewa bus di KL nih, aq tanya via email aja ya mba.
    aq email ke emailmu yang ini ya windasiwege@yahoo.com

    tolong dicek ya mba..makasih :)

    ReplyDelete
  5. halo mba winda,
    apakah tour guide diwajibkan klo sewa bus disana???
    soalnya saya sekeluarga (-/+ 17 org, 8 dewasa & 9 anak2) berencana ke KL .
    thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Peraturan pemerintah malaysia memang mewajibkan guide lokal di setiap bus pariwisata. Jadi kalau sewa bus, ya pasti diminta untuk penggunaan guide lokal juga.

      Delete
  6. Sangat membantu, terima kasih atas info nya

    ReplyDelete
  7. kak nanya dong itu rate nya udah sekalian antar dan jemput dari airport kah atau gimana ??

    ReplyDelete
  8. Trimakasih Infonya... sangat bermanfaat. Mbak maaf mau minta info kalau hotel yang murah di Kuala Lumpur di mana ya? berapa tarifnya per malam??

    ReplyDelete
  9. Malam mbak,mau tanya ibu Herna ini cuma layani perjalanan kuala lumpur saja atau bisa diluar kuala lumpur seperti penang,gentimg?

    ReplyDelete
  10. Malam mbak,mau tanya ibu Herna ini cuma layani perjalanan kuala lumpur saja atau bisa diluar kuala lumpur seperti penang,gentimg?

    ReplyDelete
  11. Mbak kalau tips guide disana berapa yah?
    N tips driver bus mya jg?
    Makasih mbak

    ReplyDelete
  12. Sore mba, mau tanya untuk hotel apa yg Murah di KL?

    ReplyDelete