NAIK BUS UMUM KE CU CHI TUNNELS

12:01 PM Winda Provita 1 Comments

Cu Chi Tunnels itu apa sih?

Masih ada hubungannya dengan Cu Chi Bajhu ndak?

Atau mungkin masih sodaraan sama Cu Chinggalkan dirimu di tengah malam?

Ah, apaan coba. Bukan, bukan. Bukan itu semua. Cu Chi Tunnels adalah terowongan yang digunakan rakyat Vietnam untuk bersembunyi dan bertahan hidup saat Vietnam perang dengan Amerika. Kenapa gue bilang bertahan hidup? Karena hampir sebagian besar kegiatan mereka dilakukan di terowongan. Ada ruang rapat bahkan dapur untuk memasak.

Bus No. 79
Sejujurnya, sebagai orang yang nggak gitu suka sejarah. Kunjungan gue ke Cu Chi Tunnels ini rasanya agak mengejutkan diri gue sendiri. Mau ngapain gue ke sana? Lah wong, sejarah kemerdekaan Indonesia aja kadang gue lupa, lah ini mau mempelajari sejarah negara lain. Kurang kerjaan!

Lalu, apasih tujuan gue ke Cu Chi Tunnels?

Gue pengen merasakan bagaimana rasanya berjalan di terowongan bawah tanah. That’s it. Dan foto-foto tentunya. Haha.
Bus No. 13
So, di hari kedua perjalanan gue di HCMC, dari hostel gue langsung berjalan kaki menuju BẾN CV 23/9 Bus Terminal. Terminal bus ini ada di ujung jalan Pham Ngu Lao, di seberang pasar tempat gue menginap. Ada 2 cara untuk menuju Cu Chi Tunnels, ikut paket tur yang banyak ditawarkan kios-kios di pinggir jalan Pham Ngu Lao atau ngeteng naik bus umum sendiri. Buat orang yang nggak suka ribet, silahkan ikut paket tur. Harga turnya terjangkau, bahkan kalau gue itung-itung nggak begitu beda jauh dengan ngeteng naik bus umum. Malah lebih enak, dijemput, duduk manis, tidur sambil ngiler, bangun dan sampai di Cu Chi Tunnels. Tapi, karena gue orangnya doyan ribet, kalau kata orang sih gue ini suka mencari tantangan, ceile, padahal gue naik bus karena sangu gue sedikit. Haha. Jadilah gue memilih untuk naik bus umum.

Dari BẾN CV 23/9 Bus Terminal, gue naik bus No. 13. Ingat, jangan sampai salah naik bus. Untuk naik bus ini gampang kok. Masuk aja ke dalam terminal, nanti ada halte pemberhentian untuk setiap bus, tinggal cari haltenya bus No. 13. Begitu bus datang, langsung naik aja. Sistem per-bus-an di HCMC juga nggak begitu berbeda dengan di Indonesia, ada kernet yang akan menariki uang pembayaran para penumpang. Yang unik dari bus di HCMC adalah rata-rata bus umumnya sudah keliahatan tua dan nggak layak. Tapi meski terlihat reyot dari depan, tapi semua bus umum di HCMC sudah menggunakan AC. Mungkin ini yang dibilang, don’t judge book by the cover. Halah, opo iyo?
Karcis naik bus
Lalu, kemanakah tujuan bus No. 13?

Bus No. 13 membawa gue ke Ben Xe Cu Chi. Ben Xe Cu Chi adalah terminal pemberhentian terakhir untuk gue oper ke bus selanjutnya. Jadi kalau mungkin lo takut nyasar kalau naik bis, tenang aja. Lo nggak perlu paham dimana lo berada, begitu bus berhenti dan semua penumpang turun, itu tandanya lo sudah sampai Ben Xe Cu Chi Terminal. Hihihi. Tarif bus No. 13 dari BẾN CV 23/9 Bus Terminal ke Ben Xe Cu Chi Terminal adalah 7.000 VND saja.

Dari Ben Xe Cu Chi Terminal, gue naik bus No. 79 dengan tujuan langsung ke Cu Chi Tunnels. Tarif bus No. 79 dari Ben Xe Cu Chi Terminal ke Cu Chi Tunnels adalah 6.000 VND saja. Bus akan berhenti tepat di depan gapura selamat datang di Cu Chi Tunnels.
Bagian dalam Bus No. 79
Gampang toh naik bus ke Cu Chi Tunnels?

Kalau mau pulang bagaimana? Ya tinggal ikutin alur busnya seperti saat pergi.

Cuma perlu modal 26.000 VND saja untuk naik bus umum ke Cu Chi Tunnels pulang pergi. Murah sekali!

1 comment:

  1. Walo nol nya banyak, itu mata uang vnd memang kebangetan murahnya yaaa :D. Hihihi.. Dulu pas ke chu chi aku ambil paket dr hotelnya win.. Itupun ga sengaja krn awalnya mau ke tempat lain.. Secara kesiangan bangun, ambil aja apa yg msh bisa lah :p.. Ga nyesel ksana

    ReplyDelete