NAIK YELLOW BUS DARI BANDARA TAN SON NHAT KE PHAM NGU LAO STREET DI MALAM HARI

8:07 PM Winda Provita 1 Comments

Part paling sulit dari perjalanan gue di Ho Chi Minh City adalah menemukan informasi mengenai bus umum dari Bandara Tan Son Nhat ke Pham Ngu Lao Street . Kenapa sulit? Karena sebagian besar blog yang gue kunjungi mengatakan bahwa nggak ada lagi bus umum yang beroperasi saat malam hari dari Bandara Tan Son Nhat. Blog-blog itu menjelaskan bahwa bus umum hanya beroperasi sampai sore hari dan apabila kita sampai di bandara malam hari maka satu-satunya pilihan transportasi adalah taxi. Padahal nih ya, taxi di HCMC itu terkenal banyak scamnya. Ngeri nggak lo? Cewek sendirian, flight baru landing jam 9 malam. Naik taxi? Nggak deh, terimakasih.
Suasana Bandara Tan Son Nhat



Dikarenakan gue menghindari naik taxi, maka gue pun coba cari hostel yang menyediakan jasa jemput di Bandara Tan Son Nhat. Hostel sudah di booking eh pihak hostel malah merekomendasikan naik taxi aja. Gimana sih ini! Gue takut kena scam kalau naik taxi, makanya nginep di hostel lo biar bisa pakai jasa jemput di bandara, eh malah lo suruh naik taxi! Huh!

Sudah lumayan depresi karena beneran takut kalau harus naik taxi, gue pun kembali browsing untuk cari informasi lain. Gue pun menemukan sebuah blog yang menuliskan bahwa mulai Maret 2016 alias tahun lalu, Bandara Tan Son Nhat mengoperasikan bus umum baru yang diberi nama Yellow Bus alias Bus No. 109. Bus ini mulai beroperasi mulai pukul 5.30 sampai 1.30. Jadi bisa dibilang, tengah malam pun bus ini masih beroperasi teman-teman. Gue happy! Gue pun mulai tenang untuk menyambut hari keberangkatan gue.
Yellow Bus
Bagian dalam Yellow Bus

Flight gue mendarat di Bandara Tan Son Nhat sekitar jam 9 malam. Bandara Tan Son Nhat ini nggak begitu besar. Setelah melewati imigrasi, gue langsung dihadapkan dengan kios-kios penjual SIM Card. Gue sempatkan membeli SIM Card lalu kemudian keluar bandara. Keadaan di luar Bandara Tan Son Nhat nggak begitu berbeda jauh dengan bandara di Indonesia. Banyak supir taxi berkerumun menawarkan jasanya. Karena gue sudah tahu, gue harus kemana. Maka gue langsung melenggang bebas ke arah Bus Stop. Bus Stop di berada di sisi kanan pintu keluar bandara. Jadi begitu keluar, langsung saja jalan ke arah kanan. Nanti dari pintu keluar sudah kelihatan kok, busnya berwarna kuning.

Sebelum naik bus, gue mencoba memastikan rute bus yang ada di hadapan gue akan ke Pham Ngu Lao Street atau nggak. Setelah yakin, gue pun langsung naik ke dalam bus. Busnya nyaman. Sebelas duabelas lah dengan bus umum di Singapura. Biaya untuk naik bus dari Bandara Tan Son Nhat ke Pham Ngu Lao Street adalah 20.000 VND, kurang lebih sepuluh ribuan lah.
Karcis Yellow Bus

So, buat kalian yang mungkin punya plan yang sama dengan gue. Gue menyarankan kalian naik Yellow Bus aja dari bandara. Dibanding naik taxi 8 USD tapi dengan resiko kena scam, kan lebih baik naik Yellow Bus yang murah dan nyaman. Bahkan malam hari pun, nggak ada masalah!

1 comment:

  1. Pas aku ke hcmc blm ada nih bus. Makanya aku request dijemput ama pihak hotel wkt itu. Krn g pgn kena scam juga :p

    ReplyDelete